Medan (ANTARA News) - Duta Besar Luar Biasa RI untuk Kerajaan Yordania dan Palestina Zainulbahar Noor berjanji akan memfasilitasi misi dagang dari Kota Medan ke negara-negara Timur Tengah (Timteng) dengan mengadakan suatu kegiatan dalam "calender of event" yang secara bergiliran digelar di kota-kota di Timteng.

"Kalender kegiatan itu berupa promosi produk-produk yang berasal dari Sumatera Utara, juga menampilkan seni budaya yang berasal dari daerah sebagai salah satu daya tarik," katanya dalam jamuan makan malam dengan delegasi perdagangan Timteng yang diadakan Pemko Medan di arena Pekan Raya Sumatera Utara di Medan.

Lebih jauh disampaikan, pihaknya juga akan mengusahakan adanya anjungan khusus Sumatera Utara di kedutaan-kedutaan besar RI di Timteng, sebagai sarana khusus promosi produk asal Sumut kepada para pelaku usaha di negara-negara Timteng.

Dalam bidang pariwisata, menurut Zainulbahar, pihak kedutaan besar RI di Timteng akan terus mengusahakan peningkatan jumlah wisatawan berkunjung ke Sumatera Utara.

Untuk itu, katanya, diharapkan Kota Medan dan Sumatera Utara terus membenahi sektor-sektor pendukung sarana pariwisata yang ada, khususnya sarana-sarana yang digemari para turis dari Timteng.

Dalam kesempatan itu, Dubes RI untuk Kerajaan Yordania dan Palestina secara khusus mengharapkan kepada perwakilan dari Iraq untuk memfasilitasi terbinanya suatu kerja sama "sister city" antara kota yang ada di Iraq dengan Kota Medan.

Penjabat Wali Kota Medan H Syamsul Arifin diwakili Plt Sekretaris Daerah Kota Medan Muhammad Fityriyus dalam sambutannya mengatakan, Medan siap menerima para pelaku usaha khususnya yang berasal dari Timteng untuk menanamkan modalnya atau berinvestasi di daerah tersebut.

Pemko Medan mengharapkan pihak Kementerian Luar Negeri dan Duta Besar RI untuk negara-negara Timteng dapat menjembatani para pengusaha baik pengusaha dari Medan atau Sumatera Utara dengan pengusaha Timteng.

(T.M034/R009)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010