Madrid (ANTARA News) - Barcelona mengunyah kata-kata "positif", walau tanpa gol Lionel Messi saat Zlatan Ibrahimovic dan Bojan Krkic menyarangkan bola untuk meraih kemenangan 2-0 atas Osasuna dan naik ke puncak klasemen Liga Utama Spanyol (La Liga), Rabu.

Tim juara bertahan itu naik dengan 71 poin dari 28 pertandingan, tiga poin di atas saingan pemburu gelar, Real Madrid, yang akan bertandang ke tetangganya Getafe, Kamis, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Pemain depan asal Argentina Messi mencuri perhatian di Barca dalam beberapa pertandingan terakhir, dengan mencetak 11 gol dalam lima pertandingan terakhir, tetapi permainannya relatif sederhana di Nou Camp.

Tim tamu dengan nyaman menahan Barca yang kurang prima hingga menit ke-72 ketika Maxwell mengumpan silang striker asal Swedia Ibrahimovic untuk memecah kebuntuan dengan gol keduanya dalam dua pertandingan.

Pemain cadangan Krkic menyarangkan bola menjelang akhir pertandingan setelah tim tuan rumah saling mengumpan saat pertahanan Osasuna akhirnya bobol oleh tekanan yang tanpa kenal lelah.

"Kami tidak memainkan permainan terbaik kami hari ini tetapi kami meraih ketiga poin dan itulah yang penting," kata Ibrahimovic dalam wawancara televisi.

Barca hampir tidak ada tanda-tanda akan mencetak gol pada awal pertandingan melawan Osasuna yang tertata rapi dan kembali kehilangan penghubung permainan dari organisator lini tengah Xavi yang cedera, yang menyaksikan pertandingan dari tribun.

Pemain Osasuna Krisztian Vadocz memaksakan penyelamatan hebat dari Victor Valdes saat mendapat peluang pada babak pertama dan

Pep Guardiola memasukkan pemain cadangan Pedro menggantikan Thierry Henry saat turun minum.

Pedro, yang giat mengejar satu tempat dalam tim Spanyol untuk Piala Dunia, ikut membantu dalam menciptakan dua gol Barca.

Serangan balik yang cepat membawa Ibrahimovic menyarangkan bola dari jarak dekat, dam saat Osasuna lelah, tembakan Messi membentur gawang sebelum Krkic mencetak gol untuk memastikan kemenangan.

Valencia berada 18 poin di bawah Barca di posisi ketiga setelah mengalahkan Malaga 1-0 di kandang sendiri berkat gol dari David Villa.

Pemain sayap Juan Mata memberi umpan silang bagi rekan setim nasionalnya itu untuk mencetak golnya yang ke-18 dalam liga.

Valencia memperkuat posisinya untuk meraih tempat terakhir yang otomatis lolos ke Liga Champions, unggul enam poin dari tim urutan keempat Real Mallorca dengan 53 poin.

Mallorca bermain imbang 0-0 di kandang Racing Santander dan unggul dua poin dari Sevilla, yang ditahan imbang 1-1 di kandang sendiri oleh tim terbawah Xerez pada Selasa.

Pada pertandingan lain, Almeria melanjutkan usahanya untuk terus naik pada klasemen dengan kemenangan 1-0 atas Real Zaragoza yang menempatkan mereka di posisi 10, Villarreal ditahan imbang 2-2 oleh Tenerife dan 10 pemain Real Valladolid bermain seri 0-0 di kandang sendiri melawan Espanyol.(F005/A024)

Pewarta: wibow
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010