Mamuju (ANTARA News) - Tokoh Muslim di Mamuju, Sulawesi Barat mengimbau agar masyarakat tetap mewaspadai pergerakan terorisme yang sewaktu-waktu bisa masuk ke wilayah itu.

Ustaz H. Anwar Kamil, salah seorang tokoh Muslim di Mamuju, Jum`at, mengatakan, pergerakan terorisme patut diwaspadai sebelum mereka menebar ajarannya kepada umat yang ada di daerah ini.

"Kita harus tetap meningkatkan kewaspadaan untuk tetap mawas diri agar tidak terpengaruh dengan bujukan atau ajakan untuk bergabung dengan teroris," kata dia.

Anwar menuturkan, saat ini upaya dari pihak kepolisian untuk melakukan penyisiran titik-titik yang menjadi tempat teroris seperti yang terjadi di Kota Palu, Sulawesi Tengah dan penyisiran di daerah lain, patut diberikan dukungan serta apresiasi positif untuk menumpas terorisme yang dapat memecah persatuan antarumat beragama.

"Teroris adalah musuh bersama yang harus segera ditumpas, karena perjuangan jihad yang diyakini oleh teroris adalah keliru karena telah melakukan teror dimana-mana bahkan aksinya telah menimbulkan korban jiwa tidak berdosa," tuturnya.

Dia menjelaskan, dalam ajaran agama manapun, baik Islam, Kristen maupun ajaran lainnya tak satu pun yang menghendaki tindakan teroris karena kegiatan teroris bukanlah perjuangan agama Islam.

"Perjuangan jihad bagi Islam itu sangat jelas yakni rela berjuang dan mempertaruhkan nyawa di jalan kebenaran yang diridhoi Allah, sementara perjuangan teroris itu sudah keluar dari norma-norma ajaran agama," ungkapnya. (ACO/K004)

Pewarta: kunto
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010