Melbourne (ANTARA News) - Juara dunia Formula Satu asal Inggris Raya, Jenson Button, merebut kemenangan pertama dia bagi tim McLarens dalam Grand Prix Australia di sirkuit Melbourne, Minggu.

Button, yang menjadi juara di Melbourne saat bersama tim Brawn GP tahun lalu, mengungguli pembalap Red Bull Sebastian Vettel, yang mengawali balapan dari posisi terdepan, harus masuk ke area pasir pada pertengahan balapan karena masalah rem.

"Sangat senang rasanya...rekan-rekan, kerja yang mengagumkan, saya pikir kita melakukan pitstop itu dengan sangat sempurna," kata Button melalui radio tim setelah mengalahkan pembalap Renault Robert Kubica dengan selisih 12,034 detik.

"Itu saat yang tepat, kerja yang luar biasa, ini cara hebat untuk mengawali tahun."

Pembalap Polandia Kubica berhasil menjaga jarak dari pembalap Ferrari asal Brazil Felipe Massa.

Dengan balapan dimulai dalam kondisi basah, Button menjadi pembalap pertama yang masuk pit untuk menganti ban yang semula seperti merupakan keputusan yang salah, saat ban tergelincir ke area pasir. Namun hanya perlu satu putaran bagi Button untuk membuktikan bahwa putusannya benar dan lintasan pun memang mengering.

Sementara itu setelah mengunci barisan depan, balapan Red Bull kembali porak poranda dengan Vettel harus keluar lintasan pada lap 26 dari 58 lap, dan pembalap Australia Mark Webber bertabrakan dengan pembalap McLaren Lewis Hamilton pada dua putaran terakhir saat mereka bertarung memperebutkan posisi kelima.

Webber, yang sebelumnya berharap menjadi pembalap Australia pertama yang memenangi balapan di negaranya sendiri, harus puas di posisi kesembilan.

Hamilton sebelumnya berada di belakang Kubica dan bisa saja berada di posisi kedua atau pun menang, sebelum timnya memanggil dia karena kesalahan dalam pergantian ban kedua.

Juara dunia tujuh kali Michael Schumacher mencapai finish di posisi ke-10 bagi tim Mercedes setelah secara efektif dikesampingkan pada tikungan pertama.

Ban kiri depan Button membetur bagian kanan Alonso pada tikungan pertama, menyebabkan pembalap Spanyol itu melintir dan menabrak Schumacher dan merusakkan sayap depan Mercedes dia yang memaksa masuk pitstop.

Hanya 14 mobil yang bisa menyelesaikan balapan saat hujan yang kadang turun kadang reda membuat pilihan ban dan waktu pitstop, menjadi faktor penentu pada balapan di sirkuit jalanan itu.

"Safety car" sudah masuk sejak awal balapan saat pembalap BMW Sauber asal Jepang Kamui Kobayashi membentur pembatas pada belokan keenam lap pertama, menabrak pembalap Williams asal Jerman Nico Hulkenberg.

Kecelakaan juga memaksa pembalap Toro Rosso Sebastien Buemi keluar.

Juara dunia dua kali Alonso, yang memenangi balapan di Bahrain pekan lalu dalam debutnya di Ferrari, bertahan di puncak klasemen setelah dua balapan dengan 37 poin, mengungguli Massa yang mengumpulkan 33 poin. Button mnengantongi 31 poin.

Reuters/I015

Pewarta: ferly
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010