Jakarta (ANTARA News) – Pengamat politik dan pendiri HIJ'D Institut Suhendra Ratu Prawiranegara memprediksi, Anas Urbaningrum (ketua FPD DPR) dan Andi Mallarangeng (mennegpora) berpeluang terpilih sebagai ketua umum Partai Demokrat (PD) 2010-2015.

Suhendra mengatakan hal itu di Jakarta, Senin malam, ketika menanggapi kandidat calon ketum PD pada Kongres Partai Demokrat di Bandung, Mei 2010.

"Kendati Konggres Partai Demokrat baru akan digelar Mei mendatang, tampaknya tokoh muda PD saat ini sudah mengambil ancang-angcang untuk menjadi ketua umum dan siap meyingkirkan kandidat lainnya yang akan maju. Dari kalangan muda  muncul beberapa tokoh calon seperti Andi Mallarangeng dan Anas Urbaningrum," katanya.

Suhendra menjelaskan, dari bursa calon ketum PD muncul nama-nama yang selama ini dikenal dekat dengan Ketua Dewan Pembina PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY),  antara lain Andi Mallarangeng, Anas Urbaningrum, Agus Hermanto, Marzuki Alie, dan Djafar Hafsah.

Menurut dia, kemungkinan besar yang berpeluang menjadi ketua umum Patai Demokart hanya Andi Mallarangeng atau Anas Urbaningrum. Besarnya peluang Andi dan Anas lantaran keduanya punya keunggulan masing-masing.

"Andi Malarangeng misalnya, dikenal memiliki karakter yang bersahaja, smart, fleksibel dan dinamis. Ini modal Andi yang paling utama yang dapat diajukan pada peserta kongres nantinya," ujar Suhendra.

Sedangkan, Anas mempunyai keunggulan karakter yang tenang dan santun. "Ini juga menjadi modal kuat bagi Anas untuk merebut kursi ketua umum PD." katanya.

Suhendra menambahkan Andi dan Anas merupakan sosok muda yang cukup berpengalaman dalam organisasi  dan percaturan politik di tanah air.

"Saya yakin Andi dan Anas dapat membawa Partai Demokrat sebagai partai politik yang modern. Namun, ada kerikil kecil yang akan menghambat Anas yang saat ini sebagai ketua fraksi PD di DPR, menyusul lolosnya hak angket maupun rekomendasi hasil paripurna DPR mengenai kasus Bank Century," katanya.
(Ant/R009)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010