Bantul (ANTARA News) - SMP Negeri 1 Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), memasang sejumlah kamera closed circuit television (CCTV) di ruang ujian dan ruang lainnya untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi kecurangan dalam pelaksanaan ujian nasional (UN).

"Kami sengaja memasang kamera CCTV di ruang ujian serta ruang lainnya guna memudahkan pengawasan terhadap kemungkinan ada kecurangan yang dilakukan peserta ujian maupun pihak lainnya," kata Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Bantul Bambang Edy, Senin.

Menurut dia, dengan adanya kamera CCTV diharapkan mereka yang semula berniat berbuat curang, bisa mengurungkan niatnya itu.

"Dengan adanya kamera CCTV, niat mereka untuk berbuat curang menjadi surut. Kami juga bisa mengawasi petugas pengawas apabila mereka dalam melaksanakan tugasnya tidak maksimal, sehingga kami dapat segera menegurnya," katanya.

Ia mengatakan siswa SMP Negeri 1 Bantul yang mengikuti UN 2010 berjumlah 359 orang. Sedangkan Pokja I Kabupaten Bantul jumlah siswa yang mengikuti ujian ini sebanyak 1.253 orang.(V001/M008)

Pewarta: handr
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2010