London (ANTARA News/AFP) - Euro menguat terhadap dolar pada Senin waktu setempat, karena mata uang tunggal mendapat dukungan lebih lanjut dari kesepakatan para pemimpin Eropa untuk menyelamatkan Yunani dari krisis utang minggu lalu, kata para dealer.

Euro naik menjadi 1,3443 dolar, dari 1,3411 dolar di New York akhir Jumat.

Terhadap mata uang Jepang, dolar berdiri di 92,54 yen, naik dari 92,47 yen pada Jumat.

"Euro telah terus mendapatkan kenaikan kembali ... setelah kesepakatan minggu lalu oleh para pemimpin Eropa, sehubungan dengan bantuan darurat bagi Yunani jika mereka membutuhkannya," ujar analis CMC Markets Michael Hewson.

"Setelah bantuan darurat ini dicapai dengan susah payah, Yunani sekarang harus membuktikan bahwa mereka memiliki tekad untuk menjaga keuangan negara secara stabil."

"Antara sekarang dan akhir Mei mereka butuhkan untuk mengumpulkan sekitar 20 miliar euro (27 miliar dolar) dan dengan imbal hasil (yield) obligasi Yunani pada level saat ini, hal ini dapat membuktikan proses yang cukup mahal kecuali imbal hasil ini mulai merosot kembali."

Yunani menerbitkan obligasi tujuh tahun pada Senin untuk menghimpun dana miliaran euro, kantor utang pemerintah mengatakan, empat hari setelah Uni Eropa menyepakati jaring pengaman finansial untuk negara yang sarat hutang.

Tidak ada angka yang tersedia untuk operasi, tetapi sebuah sumber pasar mengatakan jumlah investor akan tergantung pada permintaan.

Masalah utang Yunani telah menyebabkan krisis mendalam di Uni Eropa dan zona euro, dan telah menyebabkan euro jatuh.

Imbal hasil pada obligas Yunani 10-tahun naik lagi pada Senin menjadi 6,208 persen dibandingkan dengan 6,193 persen akhir Jumat. Angka itu telah naik menjadi hampir tujuh persen pada awal tahun ini karena para investor khawatir atas kegagalan (default).

"Pemerintah Yunani mungkin berharap untuk mendapat reaksi positif, menyusul pengumuman minggu lalu," kata analis Forex.com Jane Foley.

Dia menambahkan: "Yang penting diperhatikan, kebutuhan pemerintah Yunani untuk mengendalikan biaya pinjaman jika ingin memiliki kesempatan untuk memenuhi janjinya mengurangi defisit anggaran hingga 3,0 persen dari PDB pada akhir 2012."

Uni Eropa telah sepakat pada Kamis lalu, sebuah rencana darurat yang belum pernah terjadi sebelumnya yang akan melibatkan Dana Moneter Internasional (IMF) yang telah memicu kekhawatiran penularan kepada anggota Uni Eropa lemah lainnya.

Berdasarkan rencana, Yunani dapat meminta bantuan gabungan Uni Eropa-IMF sebagai langkah terakhir jika ia gagal untuk menemukan suku bunga wajar di pasar obligasi untuk membiayai defisit dan utang yang membengkak.

Pemerintah sosialis Yunani telah melancarkan tindakan-tindakan penghematan yang mencakup pemotongan gaji, kenaikan pajak penjualan dan pembekuan pensiun di sektor publik dan swasta untuk mengurangi defisit publik yang mencapai 12,7 persen output (PDB) pada 2009.

"Minggu lalu kesepakatan tentang paket bantuan ke Yunani membantu mengembalikan kepercayaan diri ke pasar dan euro," tambah analis Credit Agricole CBI Simon Smollett.

Di London pada Senin, euro berada pada 1,3443 dolar terhadap 1,3411 dolar pada Jumat, pada 124,40 yen (124,03), 0,8983 pound (0,9003) dan 1,4325 franc Swiss (1,4281).

Dolar berdiri di 92,54 yen (92,47) dan 1,0655 franc Swiss (1,0648). Pound berada pada 1,4963 dolar (1,4900).

Di London Bullion Market, harga emas menguat menjadi 1.111,25 dolar per ons dari 1.096 dolar per ons pada Jumat. (A026/K004)

Pewarta: handr
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010