San Francisco (ANTARA News) - Produk PC tablet layar sentuh, iPad, yang sekarang mengguncang pasar komputer Amerika Serikat mungkin menjadi tonggak budaya terakhir yang diciptakan Apple.

Berikut produk-produk menghebohkan dari perusahaan yang bermarkas di Cupertino, California, itu:

1. Macintosh; Komputer Macintosh pertama diluncurkan pada 1984 dan produk turunannya terus dibuat sampai keluarnya desktop "all in one" iMac, di samping laptop canggih nan bergaya, MacBook.

2. iPod; Diperkenalkan pada 2001, player musik personal ini merevolusi layanan hiburan digital ringkas dan bisa dibawa kemana-mana. Versi terakhir produk ini berpuncak pada dikeluarkannya player layar sentuh iPod Touch.

3.iTunes Store; Diluncurkan pada 2003, iTunes Music Store adalah layanan musik, video dan televisi online milik Apple yang bisa diinstal di komputer dan perangkat mobilenya.

4. iPhone: Apple mengenalkan iPhone pertamanya pada 2007, mengombinasikan fitur iPod dan koneksi Internet dalam ponsel pintar (smartphone) layar sentuh yang dengan cepat menjadi perangkat mobile pilihan utama publik.

5. App Store: Apple mulai memperkenankan pihak luar mengembangkan aplikasi iPhone dan iPod Touch pada 2008 dengan mengonlinekan App Store yang kini berisi lebih dari 150.000 miniprogram hiburan. (*)

reuters/jafar

Pewarta: jafar
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010