Jakarta (ANTARA News) - Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Selasa sore, menguat 20 poin menjadi 9.075/9.085 per dolar AS dibanding penutupan hari sebelumnya 9.090/9.100.

Rupiah yang kemarin menguat, hari ini meneruskan penguatannya setelah sejumlah sentimen positif mendukung mata uang itu diantaranya mengenai bagusnya rating Indonesia dan prediksi Bank Indonesia (BI) mengenai rupiah, kata para dealer.

Sementara Direktur Retail Banking Bank Mega, Kostaman Thayib, mengatakan, pelaku asing masih ingin menempatkan dana di pasar domestik yang memberikan keuntungan lebih besar ketimbang pasar lain.

Menurut dia, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terus meningkat dari tahun ke tahun merupakan faktor pendorong bari pelaku asing untuk tetap bermain di pasar Indonesia.

Pasar uang dan pasar saham, menurut dia, pada hari berikutnya akan kembali membaik, karena arus dana asing yang masuk terus meningkat, apalagi dolar AS terhadap euro melemah, setelah sebuah lembaga keuangan internasional ingin membantu Yunani mengatasi krisis keuangan.

(T.h-CS/R009)

Pewarta: handr
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010