Jakarta (ANTARA News) - Pengamat politik Andrinof Chaniago mengatakan bahwa Partai Demokrat membutuhkan sosok ketua umum yang kepopulerannya tinggi di masyarakat guna mengganti peran SBY yang akan berkurang pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2014.

"Partai Demokrat itu menang karena simbol yang diperankan SBY. Pada tahun 2014 harus ada figur baru yang kepopulerannya tinggi di masyarakat untuk mempertahankan dan menarik massa pemilih. Ini yang dibutuhkan Partai Demokrat dalam mencari ketua umumnya," kata Andrinof di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, dari lima nama yang disebut-sebut akan mengajukan diri sebagai calon Ketua Umum Partai Demokrat, yaitu Marzuki Alie, Andi Alifian Mallarangeng, Anas Urbaningrum, Agus Hermanto, dan Djafar Hapsah. Sosok Andi Malarangeng yang telah mendeklarasikan diri maju sebagai calon ketua umum dianggap sesuai dengan kebutuhan itu.

"Masyarakat sepertinya memang sudah menyukai Andi Malarangeng, ini terlihat apabila Andi ikut rombongan Presiden, dia yang paling dicari masyarakat. Hal ini penting karena peran Ketua Umum Partai Demokat pada tahun 2014 menjadi vital untuk menarik massa," kata Andrinof.

Sementara calon yang lain, menurut dia, masih kalah populer dalam menarik massa pendukung Partai Demokrat dalam Pemilu 2014.

Khusus untuk figur Anas Urbaningrum, Andrinof menilai punya pengalaman dan kemampuan organisasi untuk mendampingi Andi Malarangeng membangun organisasi Partai Demokrat menjadi partai politik yang modern seperti yang diharapkan SBY.

"Andi dan Anas ini bisa jadi dwitunggal di Partai Demokrat. Yang satu meneruskan sosok populer SBY di masyarakat, dan yang satunya punya jaringan politik dan kemampuan organisatoris yang matang," katanya.

Andi Malarangeng merupakan tokoh Partai Demokrat yang telah resmi mendeklarasikan diri untuk menjadi calon ketua umum, sementara Anas dan Marzuki baru memberikan pernyataan yang akan mengikuti pemilihan itu jika mendapat dukungan dari DPD Partai Demokrat di daerah.

Andi dalam pidato deklarasinya menargetkan untuk meraih suara sebanyak 30 persen dalam Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD 2014. Suatu angka yang menurut Andrinof sulit didapat Partai Demokrat mengingat semakin berkurangnya peran SBY di partai itu.

(T.D012/R009)

Pewarta: handr
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010