Batam (ANTARA News) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura optimistis proses pemulangan Gayus Halomoan Tambunan dengan kawalan aparat Mabes Polri Rabu sore ini berjalan lancar dan tidak mengalami hambatan dari pihak berwenang Singapura.

"Kami yakin tidak akan ada hambatan dari keimigrasian Singapura bagi Gayus Tambunan yang telah dibekali surat perjalanan laksana paspor (SPLP)," kata Koordinator Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI Singapura, Yayan Ganda Hayat Mulyana ketika dihubungi ANTARA dari Batam, Rabu.

Optimisme KBRI itu muncul karena sudah beberapa hari terakhir ini mereka berkoordinasi dengan beberapa unsur di Singapura, termasuk dengan instansi keimigrasian negara itu.

Pemerintah Singapura, kata Yayan, mengikuti pemberitaan kasus itu dan hingga sekarang tidak menyampaikan keberatan apapun.

Sejak 24 Maret 2010, Gayus, pegawai Ditjen Pajak yang tersangkut kasus rekening mencurigakan Rp24,6 miliar berada di Singapura.

Aparat Polri pimpinan Kabareskrim Komjen Ito Sumardi dan Kombes Pol M Iriawan mengejar Hayus hingga malam hari tadi di kawasan pusat bisnis Orchard Road berhasil membuat Tambunan bersedia pulang ke Indonesia.

Yayan mengemukakan, SPLP diterbitkan KBRI sebab paspor Gayus telah diblokir oleh Kementerian Hukum dan HAM.

Dalam dokumen perjalanan luar negeri yang dinyatakan tidak berlaku lagi, Gayus menggunakan nama lengkap Gayus Halomoan Partahanan dengan status pegawai suatu perusahaan swasta, bukan pegawai negeri.

SPLP, katanya, merupakan salah satu wujud pelayanan kantor perwakilan Indonesia bagi perlindungan WNI di luar negeri.

KBRI sendiri telah memfasilitasi aparat penegak hukum Indonesia lewat jalur diplomatik, antara lain berkoordinasi dengan keimigrasian Singapura agar Gayus bersedia pulang ke Indonesia.

Yayan menegaskan, aparat Mabes Polri tidak melakukan penangkapan atau "enforcement" (pemaksaan), karena Singapura bukan wilayah yuridiksi Polri, disamping belum ada perjanjian ekstradisi antara pemerintah Indonesia dan pemerintah Singapura.

"Direncanakan pada pukul 15.00 waktu Singapura, Gayus Tambunan diberangkatkan ke Jakarta dengan pesawat Garuda. Bisa juga pada jam lain, tetapi pasti hari ini," kata Yayan.(*)

A013/B013/AR09

Pewarta: handr
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010