Yogyakarta (ANTARA News) - Jumlah penumpang pesawat terbang melalui Bandara Adisutjipto Yogyakarta menjelang libur panjang akhir pekan ini masih normal.

"Jumlah penumpang yang datang maupun berangkat dari bandara ini tidak mengalami peningkatan yang signifikan, bahkan cenderung normal seperti hari biasa," kata Manajer Operasional PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Halendra di Yogyakarta, Kamis.

Ia menyebutkan jumlah penumpang pada Kamis (1/4) tercatat sebanyak 5.300 orang untuk kedatangan, dan 5.600 penumpang yang berangkat. "Mereka dilayani 84 penerbangan," katanya.

Menurut dia, pada hari biasa jumlah penumpang yang datang maupun berangkat rata-rata sebanyak 5.000 orang.

Halendra mengatakan untuk penerbangan internasional juga tidak ada peningkatan jumlah penumpang yang signifikan. "Jumlah penumpang datang sebanyak 239 orang, dan penumpang yang berangkat 261 orang," katanya.

Ia mengatakan pada hari biasa jumlah penumpang penerbangan internasional tujuan Kuala Lumpur, Malaysia dan Singapura rata-rata 250 orang, baik yang berangkat maupun yang datang.

Menurut dia, saat ini sejumlah maskapai (perusahaan penerbangan) masih memberlakukan harga pasar untuk menentukan harga tiket pada akhir pekan, dan memang diberlakukan harga yang banyak diminati masyarakat.

"Harga tiket pada akhir pekan yaitu Jumat, Sabtu, Minggu hingga Senin pagi berbeda dengan hari biasa, karena pihak maskapai mengikuti harga pasar dalam menentukan harga," katanya.

(U.V001/R009)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010