Makassar (ANTARA News) - Gereja Toraja Jemaat Tello Batua (GT JTB) di Makassar, Sulawesi Selatan melaksanakan perayaan Jumat Agung atau kematian Yesus Kristus. Ratusan jemaat mengikuti ibadah, Jumat, sejak kebaktian jam 06.00 WITA untuk kebaktian subuh hingga kebaktian malam jam 19.00 WITA.

Perayaan Jumat Agung di GT JTB dipimpin Pendeta Juli Tapparan S.TH dalam renungannya meminta umat Kristen untuk selalu mengilhami penderitaan dan kematian Kristus di kayu salib untuk menyelamatkan umat manusia.

Rangkaian perayaan Jumat Agung dilaksanakan Perjamuan Kudus yang diikuti jemaat yang hadir saat itu, selain itu, beberapa paduan suara silih berganti melantunkan kidung-kidung pujian.

Diakhir ibadah jemaat yang hadir saling salam salaman satu sama lain sebagai wujud kebersamaan dalam perayaan tersebut.

Sementara di Gereja Paroki Maria Ratu Rosari (Kare) Tamalanrea Makassar, jemaat membludak memenuhi gereja serta tenda yang ada di luar gedung karena perayaan Jumat Agung hanya dilakukan satu kali yaitu kebaktian jam 14.00 WITA.

Ibadah yang dipimpin Pastor Stevanus Tarigan, Pr dalam renungannya meminta umat Kristiani untuk mengilhami penderitaan dan kematian Yesus Kristus di kayu salib untuk menyelamatkan umat manusia.

Prosesi Jumat Agung diawali drama sengsara kematian Yesus Kristus di kayu salib.
(T.KR-RY/R009)

Pewarta: mansy
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010