Jakarta (ANTARA News) - Peristiwa terbakarnya depo Pertamina di kawasan Plumpang, Jakarta Utara, Minggu malam, menyebabkan arus lalu lintas di sekitar lokasi kebakaran macet total.

Menurut informasi dari Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya di Jakarta, Minggu malam, jalan raya di sekitar depo Plumpang mengalami kemacetan karena beragam hal yang menghambat arus lalu lintas.

Beragam faktor tersebut antara lain banyaknya warga baik yang mendekati depo untuk menonton maupun warga yang menjauh untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Menurut seorang warga Plumpang, Emmy, dirinya dan keluarganya memilih untuk mengungsi karena khawatir api yang berkobar akan sampai ke tempat tinggalnya yang berjarak ratusan meter dari lokasi kebakaran.

Hingga saat ini, ujar dia, asap dari api yang berkobar tersebut masih belum ada perubahan yaitu masih membumbung tinggi hingga puluhan meter tingginya.

Akibat dari kemacetan tersebut, petugas kepolisian juga mengalihkan arus lalu lintas khususnya yang berasal dari Jalan Tol Wiyoto-Wiyono.

Pengalihan tersebut dilakukan petugas dengan menutup akses keluar gerbang tol Kelapa Gading dari arus lalu lintas yang bergerak dari arah Cawang.

Selain itu, di jalan arteri yang berada di bawah jalan tol, petugas juga melakukan pemblokiran atau penutupan jalan di sekitar daerah pertigaan Plumpang.

Daerah lainnya yang dilakukan penutupan jalan adalah di sekitar bundaran simpang lima Semper.

Petugas kepolisian masih belum bisa memastikan penyebab dari kebakaran yang terjadi pada sekitar pukul 21.15 WIB ini. (*)

Pewarta: anton
Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2009