Miami (ANTARA News/AFP) - Petenis Amerika Andi Roddick hari Jumat menumbangkan petenis Spanyol Rafael Nadal 4-6 6-3 6-3 untuk melaju ke final the Miami ATP Masters 1000.

Nadal, yang akan kembali ke posisi ketiga peringkat dunia hari Senin dari peringkat keempat sekarang ini meskipun mengalami kekalahan, mengikuti jejak tiga petenis yang menduduki tiga besar peringkat dunia, yakni Roger Federer, Novak Djokovic, dan Andy Murray, yang tersisih dalam turnamen tersebut.

Petenis Spanyol tersebut mematahkan servis lawan di set pembukaan di game ketiga , menyelamatkan suatu break point dirinya sendiri di game berikutnya dan mengungguli Roddick untuk merebut set tersebut.

Tetapi Roddick, yang mengakhiri pertandingan dengan melakukan 15 kali pukulan As, tidak dapat dipatahkan lagi servisnya. Ia terus melakukan tekanan dengan penampilannya yang kuat di depan net dan kemudian merebut set kedua.

Di set ketiga Nadal tidak mampu mengatasi servis Roddick. Ia tidak mampu memanfaatkan satu kesemptan untuk mematahkan servis lawan di game kedua dan Roddick mAlah berhasil mematahkan servis Nadal di game berikutnya.

Nadal benar-benar frustrasi di game kedelapan, ketika ia berusaha untuk memaksakan deuce saat memegang servis, tetapi pukulan backhandnya nyangkut di net, sehingga memberikan keuntungan bagi petenis Amerika itu.

Roddick mengambil keuntungan sepenuhnya untuk meninggalkan Nadal yang masih mencari kemenangan pertamanya sejak ia meraih gelar di Roma Mei lalu.

Roddick, unggulan keenam yang kembali maju ke final Miami Masters untuk pertama kalinya sejak ia menjuarai turnamen tersebut tahun 2004, menunggu pemenang semifinal kedua hari Jumat antara Tomas Berdych dari Cheska dan unggulan kelima Robin Soderling dari Swedia. (S005/K004)

Pewarta: mansy
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010