Washington (ANTARA News) - Presiden AS Barack Obama akan menemui 11 pemimpin dari Eropa timur dan tengah dalam kunjungannya ke Praha pekan depan untuk acara penandatanganan perjanjian senjata nuklir baru dengan Rusia, seorang pejabat AS mengatakan, Jumat.

Jurubicara Gedung Putih Robert Gibbs menjelaskan pertemuan itu akan berlangsung di ibukota Ceko ketika berkunjung untuk penandatanganan pada 8 April, perjanjian penting guna mengurangi hulu ledak dan mengganti perjanjian START I --yang telah habis masa berlakunya Desember lalu.

Gedung Putih tidak secara khusus menyebutkan pemimpin mana yang akan mengambil bagian dalam pertemuan itu, makan malam resmi setelah penandatanganan perjanjian nuklir tersebut, tapi Gibb menyatakan sekutu NATO akan dimasukkan.

Obama akan tiba di Praha pada Kamis pagi, mengambil bagian dalam upacara penandatanganan resmi perjanjian baru itu, kemudian mengadakan makan siang seremonial dengan Presiden Rusia Dmitry Medvedev dan Presiden Ceko Vaclav Klaus.

Ia juga akan mengadakan pertemuan tersendiri dengan Medvedev.

Pada Jumat, ia akan mengadakan pertemuan puncak bersama dengan Klaus dan PM Ceko Jan Fischer, sebelum kembali ke Washington, demikian dilaporkan AFP.

(Uu.SYS/S008/C003/S026)

Pewarta: surya
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010