London (ANTARA News) - Gol kontroversial Didier Drogba membuat Chelsea mengungguli Manchester United 2-1, sekaligus mengangkat klub kota London itu ke puncak klasemen Liga Premier.

Joe Cole menciptakan gol pertama Chelsea setelah pertandingan berjalan 20 menit sebelum kemudian pemain pengganti Drogba membuat Chelese unggul 2-0 di menit 79 kendati sebelum gol itu pemain asal Pantai Gading ini berdiri offside.

Pemain pengganti Federico Macheda kemudian berhasil mengelola bola menjadi gol manakala dia mengangkat moral MU dua setelah gol Drogba.

Sementara itu Arsenal bertahan di pacuan menjadi juara setelah menaklukan Wolverhampton Wanderers 1-0 di Emirates Stadium berkat sundulan pemain pengganti Nicklas Bendtner empat menit sebelum bubaran.

Sama-sama menyisakan lima pertandingan lagi, Chelsea mengumpulkan poin 74, United 72, dan Arsenal 71.

Manchester City merangsek ke posisi empat ke zona Liga Champions League setelah menghancurkan Burnley 6-1 di Turf Moor.

Tottenham Hotspur tergelincir di posisi lima setelah ambruk di tangan Sunderland 1-3.

City membuat awal yang bagus di Liga Premier dibandingkan tim manapun dalam kurun 17 tahun terakhir, dengan menciptakan tiga gol hanya dalam tujuh menit babak pertama dari Emmanuel Adebayor, Craig Bellamy dan Carlos Tevez.

Patrick Vieira, Adebayor dan Vincent Kompany kemudian menyempurkan kemenangan City.

Jika ini adalah hari baik bagi City, maka hari ini juga hari buruk bagi bagian merah dari Manchester.

"Chelsea kini yang mengambil kendali, tak ada keraguan mengenai itu," kata manajer United Alex Ferguson kepada laman resmi klub(www.manutd.com) sebelum kemudian mengeluhkan gol Drogba.

"Apa yang saya tidak mengerti adalah hakim garis berdiri tepat di depan (offside)," katanya.

Ferguson menyebut wasit telah membuat keputusan yang salah.

"Di pertandingan sebesar itu, Anda sunggu membutuhkan kualitas pengadil pertandingan dan kami tak mendapatkan itu hari ini."

Chelsea, yang terinspirasi oleh permainan memukau Florent
Malouda, mengawali pertandingan dengan lebih baik di awal babak pertama.

Sementara United, yang tanpa striker Wayne Rooney yang sedang cedera, meningkat kualitas permainannya di babak kedua di mana kedua tim menciptakan beberapa peluang.


Perebutan gelar

Laga ini adalah yang pertama dari dua pertandingan diantara para raksasa yang berlangsung di Manchester, di mana yang kedua adalah pertandingan tinju kelas berat WBA antara sang juara David Haye melawan John Ruiz di malam nanti (Minggu dini hari WIB).

United tampaknya masih terpengaruh oleh kekalahan dari Bayern Munich di Liga Champions Selasa lalu dan dominasi Chelsea di awal pertandingan pun berbuah gol.

Malouda, yang mencorong belakangan ini, bergerak ke depan melewati tiga pemain bertahan sebelum memperdaya Darren Fletcher untuk kemudian mengumpan silang Joe Cole guna menciptakan skor dengan tumitnya.

United tampak akan menyamakan kedudukan setelah Dimitar Berbatov menembus barisan pemain Chelsea dan kemudian menyundul di menit ke 60, namun gagal.

Manakala United berupaya keras menyamakan kedudukan, Chelsea malah berhasil menggandakan kemenangan.

Drogba, yang menggantikan Nicolas Anelka 10 menit sebelumnya, melesakkan tembakan melewati kiper Edwin van der Sar, namun dia jelas sekali telah berdiri offside manakala dia memperoleh umpan dari Salomon Kalou.

Remaja Italia Macheda kemudian mengangkat moral tim setelah berhasil mengontrol bola di jarak yang sangat dekat dari tiang gawang Chelsea.

Sementara itu Arsenal menciptakan gol kemenangan ketiganya di menit-menit akhir pada enam pertandingan terakhirnya, ketika mengalahkan Wolves.

Gunners diuntungkan setelah pemain Wolves Karl Henry diusir di menit 66 karena mengganjal keras Tomas Rosicky,.

Rival Arsenal dari London Utara Tottenham tergelincir manakala Darren Bent menciptakan gol di menit awal sebelum kemudian menggandakannya menjadi 2-0 melalui titik penalti di menit 29.

Bent, yang tidak bisa memperkuat Sunderland ketika menghadapi Spurs November kemarin, menyianyiakan dua penalti sebelum Anton Ferdinand menciptakan gol yang kemudian dianulir wasit.

Peter Crouch menciptakan satu gol balasan ke gawang tuan rumah di menit 18 sebelum kemudian Boudewijn Zenden melesakkan tendangan volinya untuk menciptakan gol ketiga Sunderland.

"Itu adalah salah satu tendangan voli terbaik sepanjang masa," kata manajer Spurs Harry Redknapp.

Juru kunci Portsmouth bermain seri 0-0 dengan Blackburn Rovers, sedangkan Stoke City menghancurkan klub terancam degradasi Hull City 2-0.

Hasil pertandingan selengkapnya:

Sunderland vs Tottenham Hotspur 3-1
Stoke City vs Hull City 2-0
Portsmouth vs Blackburn Rovers 0-0
Bolton Wanderers vs Aston Villa 0-1
Arsenal vs Wolverhampton Wanderers 1-0
Manchester Utd vs Chelsea 1-2

Klasemen sementara

1 Chelsea 33 74
2 Man Utd 33 72
3 Arsenal 33 71
4 Tottenham 32 58
5 Manchester City 31 56
6 Liverpool 32 54
7 Aston Villa 32 54
8 Everton 32 49
9 Birmingham 32 45
10 Stoke City 32 42
11 Blackburn 33 42
12 Fulham 31 38
13 Sunderland 33 38
14 Wolves 33 32
15 Bolton 33 32
16 Wigan Athletic 32 31
17 West Ham Utd 32 27
18 Hull City 32 27
19 Burnley 32 24
20 Portsmouth 33 14

premierleague.com/reuters/jafar sidik

Pewarta: jafar
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010