Jakarta (ANTARA News) - Rencana restrukturisasi kelembagaan pada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan dimulai pada Juni 2010 dengan efektivitas anggaran mulai Januari 2011.

"Proses pengintegrasian akan dimulai pada Juni 2010 sedangkan resmi dalam hal pembentukan Ditjen dan teknis lainnya akan dimulai pada Januari 2011," kata Kepala Badan Informasi Publik (BIP) Kemenkominfo, Freddy Tulung, di Jakarta, Senin, dalam Diskusi PSO Antara 2010 di LKBN Antara.

Saat ini proposal restrukturisasi Kemenkominfo telah disetujui oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN).

Menurut Freddy, restrukturisasi kelembagaan Kemenkominfo tidak terelakkan lagi karena tuntutan konvergensi multimedia.

"Dengan struktur yang ada saat ini, kita seperti terkotak-kotak dan tidak efektif misalnya untuk mengurus perizinan," katanya.

Dalam struktur baru akan terjadi beberapa perubahan nama pada pos yang diisi para pejabat eselon I (setingkat dirjen).

Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi misalnya, pada struktur baru nantinya akan diusulkan berubah nomenclatur menjadi Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos, Telekomunikasi, dan Penyiaran.

Selain itu, akan ada Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Standarisasi yang sebelumnya tidak ada. Sedangkan Direktorat Jenderal Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi (SKDI) dilebur dengan Badan Informasi Publik menjadi Dirjen Informasi dan Komunikaso Publik.

Dalam struktur Kemenkominfo sebelum direstrukturisasi tercatat ada enam pos yakni Ditjen Pos dan Telekomunikasi, Ditjen Aplikasi dan Telematika, Ditjen Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi, Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Badan Informasi Publik, dan Sekretariat Jenderal.

Sementara dalam struktur baru akan ada Ditjen Penyelenggaraan Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran, Ditjen Aplikasi dan Telematika, Ditjen Sumber Daya dan Standarisasi, serta Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik, Balitbang dan Pengembangan SDM, serta Sekretariat Jenderal.(H016/A024)

Pewarta: handr
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010