Jakarta (ANTARA News) - Panitia khusus gabungan komisi XI dan komisi III harus segera dibentuk untuk membongkar mafia pajak yang selama ini terjadi, demikian Ketua Fraksi Partai Golkar Setya Novanto di gedung DPR Jakarta, Selasa.

"Fraksi Partai Golkar mendesak komisi XI dan komisi III segera bentuk pansus mafia pajak untuk membongkar kasus-kasus pajak," katanya lagi.

Saat ini, demikan Setya, adalah momentum bagi dewan untuk membenahi sistem perpajakan di Indonesia dimana mencuatnya penggelapan pajak yang melibatkan Gayus P Tambunan adalah titik awal merestrukturisasi sistem perpajakan.

"Apa yang didengung-dengungkan Menkeu Sri Mulyani bahwa reformasi di Kemenkeu berhasil, ternyata tidak berjalan," katanya.

Setya juga meminta pemisahan Ditjen Pajak dengan Kemenkeu karena selama ini institusi pajak seolah menjadi entitas sendiri yang tidak bisa dikontrol.

"Ke depan harus ada pemisahan antara Ditjen Pajak dengan Kemenkeu. Dan juga BPK bisa masuk mengaudit Ditjen Pajak," katanya seraya menyebut Ditjen Pajak bisa menjadi badan penerimaan negara yang terpisah dari Kemenkeu.

Hal sama diungkapkan anggota komisi III FPG Bambang Soesatyo yang mengharapkan hasil pansus mafia pajak bisa memberikan rekomendasi.

"Rekomendasinya bisa mengenai pemisahan Ditjen Pajak dari Kemenkeu. Dan BPK punya kewenangan periksa Ditjen Pajak," kata Bambang.

J004/Z003/AR09

Pewarta: mansy
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010