Balikpapan (ANTARA News) - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI George Toisutta melantik Brigjen TNI Tan Aspan sebagai Pangdam VI/Tanjungpura di Balikpapan, Rabu, menggantikan Mayjen TNI Soehartono Suratman.

Tan Aspan sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) VI/Tanjungpura, sementara itu Soehartono menduduki jabatan baru sebagai Asisten Operasi (Asops) Mabes TNI.

Alih tugas dan jabatan diperlukan dalammengembangkan kemampuan dalam dimensi kepemimpinan, manajemen dan profesionalisme keprajuritan yang bermuara pada optimalnya pelaksanaan tugas pokok TNI AD di wilayah ini.

KSAD mengatakanKodam VI/Tanjungpura adalah satu kompartemen strategis matra darat dan komando kewilayahan yang tergelar sebagai kekuatan darat TNI di wilayah Kalimantan.

"Sebagai komando kewilayahan, tugas pokok Kodam VI/Tanjungpura adalah menegakkan kedaulatan wilayah darat Negara Kesatuan Republik Indonesia di wilayah Kalimantan," ujar dia.

Terutama karena wilayah lautannya berbatasan langsung dengan Laut China Selatan dan wilayah daratannya berbatasan langsung dengan negara Malaysia.

Hal tersebut sangat rawan terhadap munculnya masalah-masalah, seperti pelintas batas, tapal batas, kejahatan transnasional, tenaga kerja Indonesia (TKI), pembalakan liar, perambahan dan perusakan hutan serta gangguan terhadap kedaulatan negara, jelasnya.(S035/A024)

Pewarta: handr
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010