Yogyakarta (ANTARA News) - Pemerintah Kota Yogyakarta telah mengeluarkan dana Rp4,5 miliar untuk membangun Jalan Batikan di sisi Barat Sungai Manunggal, sedangkan sisi Timur akan dibiayai dengan kerja sama antara pemerintah kota dan pemerintah provinsi.

Kepala Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah Kota Yogyakarta Eko Suryo Maharsono, Rabu mengatakan dalam pembangunan Jalan Batikan di sisi Timur itu pemerintah kota akan mengerjakan bagian Selatan, sedangkan pemerintah provinsi menggarap sisi Utara.

"Pemkot Yogyakarta akan meneruskan pembangunan Jalan Batikan sepanjang 100 meter, sedangkan Pemerintah Provinsi DIY sepanjang 160 meter," katanya.

Menurut dia, pembangunan Jalan Batikan yang sudah dikerjakan sejak 2008, sampai sekarang baru selesai 40 persen dari total panjang jalan 1,8 kilometer.

Eko mengatakan untuk membangun 60 persen jalan yang belum selesai itu dananya sebesar Rp1,5 miliar yang dibebankan pada APBD Kota Yogyakarta 2010.

"Saat ini sedang dalam proses lelang, dan diharapkan dalam waktu dekat segera dimulai pembangunannya," katanya.

Pihaknya berharap Pemerintah Provinsi DIY menambah 200 meter panjang jalan yang akan dibangun, sehingga total menjadi 360 meter.

"Jika rencana itu terealisasi, maka sisa panjang jalan yang belum dibangun tinggal sedikit," katanya.

Menurut dia, sisa panjang jalan yang belum dibangun itu menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah kota dan pemerintah provinsi untuk menggarapnya. (E013/K004)

Pewarta: kunto
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010