Palembang, (ANTARA News) - Sriwijaya FC (SFC) memiliki empat pemain yang merupakan amunisi baru saat menjajal Persela Lamongan pada laga lanjutan Liga Super Indonesia 2009-2010, di Stadion Surajaya Lamongan, Jawa Tengah, Sabtu (10/4).

Pelatih SFC, Rahmad Darmawan, saat dihubungi dari Palembang, Sumatera Selatan, Kamis, mengatakan keempat pemain itu adalah Precious Emuerejaye (bek), Pavel Solomin (striker), Tony Sucipto (gelandang sayap kanan), dan Arief Suyono (gelandang sayap kiri).

"Keempat pemain ini memang tidak diplot pada laga terakhir saat mengadapi Becamex Binh Duong, di Vietnam, 6 April lalu. Mereka menjadi kekuatan baru kami, dan siap diturunkan pada laga melawan Persela nanti," kata Rahmad pula.

Precious dan Pavel memang tidak didaftarkan ke Asian Football Confederation (AFC) Cup karena kuotanya terbatas untuk tiga pemain asing.

Sedangkan Arief Suyono tidak dapat diturunkan, karena terkena kartu merah pada laga AFC sebelumnya, dan Tony terkena akumulasi kartu kuning.

Kehadiran empat tenaga baru ini, menurut mantan pelatih Persija dan Persipura ini mengurangi rasa khawatir akan performa tim, karena para pemainnya didera kelelahan setelah berlaga di fase grup AFC Cup 2010.

"Adanya empat pemain yang dalam kondisi bugar, setidaknya akan menjaga performa tim. Meskipun rotasi pemain ini tetap mengedepankan kepentingan tim untuk meraih kemenangan," ujar pelatih asal Metro, Lampung ini lagi.

Dia mengakui, dalam menghadapi jadwal pertandingan yang super ketat, berusaha mensiasatinya dengan merotasi pemain.

Strategi itun dipilih Rahmad, untuk mengatasi kelelahan fisik "Laskar Wong Kito" yang terkadang hanya memanfaatkan waktu tiga hingga empat hari untuk memulihkan kondisi (recovery) pemainnya setelah melewati pertandingan sebelumnya.

Proses ini pun tidak berjalan maksimal apabila harus dipotong oleh waktu perjalanan, jika melakoni sebuah pertandingan tandang.

"Sejauh ini, kami secara maksimal telah menerapkan sistem rotasi pemain. Saya beruntung sekali, karena pemain yang ada kualitasnya tidak jauh berbeda," ujar pelatih berusia 42 tahun ini.(U005*B014)

Pewarta: adit
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2010