Sanur, Bali (ANTARA News) - Sejumlah kader dan aktivis PDI Perjuangan menyatakan optimistis, Megawati Soekarnoputri selaku pemegang mandat tunggal formatur Kongres Ke-3 PDI Perjuangan bakal mengakomodasi lebih 50 persen anak muda pada kepengurusan DPP periode 2010-2015 mendatang.

Hal ini semakin mencuat pada hari ke-3 kongres, Kamis (8/4) pagi, beberapa saat sidang-sidang komisi serta pleno dimulai, yang diperkirakan nanti sore dilanjutkan dengan penetapan sekaligus pengukuhan Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum, kemudian penyusunan komposisi personalia DPP.

Puan Maharani sendiri kepada pers sebelumnya juga telah mengindikasikan ada sekitar 60 persen muka baru yang rata-rata kaum muda bakal menghiasi kepengurusan DPP PDI Perjuangan periode mendatang tersebut.

Komposisi DPP nantinya tidak berubah dari periode sebelumnya, yakni tetap diisi 27 personel dari berbagai latar.

Sebab, menurut salah satu anggota Panitia Pengarah Kongres, Andreas H Pareira, sebagaimana rekomendasi Komisi A (Organisasi) ternyata sepakat pada jumlah tersebut, tidak 33 sesuai usulan sebelumnya.

Ini berarti Komisi A tidak menyetujui penambahan enam personel untuk menduduki posisi semacam koordinator wilayah (Korwil) yang diajukan Panitia Pengarah.

Hal lainnya yang tidak diakomodasi oleh Komisi A, ialah usulan beberapa Dewan Pimpinan Daerah (DPD) untuk adanya posisi baru yakni Wakil Ketua Umum (Waketum).

"Ternyata itu tidak ada dalam rekomendasi juga. Nanti dalam pleno komisi serta paripurna hari ini (Kamis, 8 April) hal itu akan semakin dipastikan," ujar Andreas Pareira lagi.
(M036/B010)

Pewarta: bwahy
Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2010