Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono mengatakan Pemerintah Pusat memberikan bantuan untuk membantu Pemerintah Provinsi Aceh menangani korban gempa sebesar Rp500 juta.

"Pemerintah Pusat memberikan bantuan untuk membantu Pemerintah Provinsi Aceh menangani korban gempa sebesar Rp500 juta," kata Menkokesra melalui layanan pesan singkat (SMS) saat tengah menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Vietnam, Kamis.

Menkokesra menjelaskan, bantuan tersebut untuk dibagi kepada beberapa kabupaten yang terkena dampak gempa guna operasional tanggap darurat.

Ia juga menjelaskan, masa tanggap darurat akan diberlakukan selama satu minggu untuk konsolidasi.

"Berdasarkan laporan yang saya terima hingga saat ini pemerintah daerah baik tingkat satu maupun tingkat dua dapat mengatasi penanganan darurat, meski demikian pemerintah pusat tetap memberikan bantuan," katanya.

Selain itu, Agung juga menambahkan bahwa tim kaji cepat yang dipimpin Direktur Tanggap Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah terlebih dahulu berangkat ke lokasi bencana gempa.

"Saat ini tim kaji cepat sudah berada di lokasi gempa dan berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk meneruskan hasil laporan ke pemerintah pusat," katanya.

Aceh kembali diguncang gempa, Rabu pagi. Menurut BMKG, kekuatan gempa yang berpusat di sekitar 75 km tenggara Sinabang, dengan kedalaman 34 km, dengan kekuatan 7,2 Skala Richter. (W004/A024)

Pewarta: wibow
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010