Surabaya (ANTARA News) - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mulai memasarkan layanan inovasi terbarunya "triple play", setelah beberapa bulan lamanya menjalani masa uji coba dan pengembangan.

Senior Officer Communication Divisi Consumer Service Telkom area Timur Djadi Soegiarto di Surabaya, Kamis, mengatakan layanan terbaru ini pada tahap awal baru melayani Apartemen Adhiwangsa Golf Residence Surabaya dengan jumlah total 170 unit.

Sebelumnya, layanan ini sudah lebih dulu menjalani masa uji coba di lobby apartamen dan lantai enam dengan hasil cukup memuaskan.

"Ini yang pertama di Indonesia layanan triple play digelar. Rencananya pada tower B dari bangunan apartemen itu juga digelar layanan serupa dengan menggunakan teknologi GPON (Gigabit Pasive Optical Network) untuk semua penghuni apartemen," katanya.

Triple play merupakan salah satu produk inovasi terbaru Telkom yang menggabungkan layanan IP phone, internet dan IPTV (Yes TV) dalam satu saluran melalui kabel fiber optik yang sama ke rumah pelanggan.

Dengan produk ini, pelanggan dapat menggunakan ketiga layanan tersebut dalam waktu bersamaan tanpa harus mematikan salah satunya.

Menurut Djadi, layanan ini pada tahap awal dipasarkan untuk pelanggan yang tercluster (kelompok), seperti hotel, apartemen, pusat perbelanjaan, dan gedung bertingkat, dengan alasan lebih mudah dalam penggelarannya.

Untuk pegelaran triple play di Apartemen Adhiwangsa, Telkom mengeluarkan investasi sekitar Rp2,3 miliar untuk pembangunan infrastruktur yang meliputi instalasi gedung, ONT (Optical Network Terminal), setop box, dan aksesoris lainnya.

"Setelah ini, Telkom berencana membangun infrastruktur triple play yang lebih luas di sejumlah lokasi di Surabaya. Kami juga ingin lihat bagaimana respon masyarakat terhadap produk ini," tambah Djadi Soegiarto.(Ant/R009)

Pewarta: mansy
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010