Samarinda (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Berau, Kalimantan Timur (Kaltim), membebaskan 103 manusia perahu asal komunitas suku Bajau Pela`u, Kamis.

"Pada hari ini (Kamis), sekitar pukul 09.37 wita, 103 jiwa suku Bajau Pela`u sudah dibebaskan," ungkap Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Kaltim, Isal Wardhana, di Kaltim, Kamis.

Ke-103 suku Bajau Pela`u yang sempat mendekam di Aula Kantor Dinas Sosial Kabupaten Berau selama 20 hari, akan ditempatkan sementara di Kampung Batu Putih Kecamatan Talisayan.

"Mereka diangkut dengan menggunakan enam unit kendaraan menuju Kampung Batu Putih. Selama berada di sana (Kampung Batu Putih), mereka akan difasilitasi oleh salah seorang tokoh masyarakat yakni pak Darmi bersama beberapa sukarelawan untuk menyiapkan berbagai kelengkapan dan kebutuhan mereka," katanya.

"Penempatan Suku Bajau Pela`u itu hanya bersifat sementara sambil menunggu proses perbaikan perahu mereka yang rusak. Jika sudah selesai, secepatnya mereka akan dikembalikan ke laut," ujar Isal Wardhana. (A053/D009)

Pewarta: adit
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2010