Bekasi (ANTARA News) - Mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak Departemen Keuangan, Bahasyim Assifie, memiliki aset berupa rumah senilai lebih dari Rp5 miliar di Jalan Cemara Raya No 27 RT 01 RW 06 Perumahan Jaka Sampurna, Kota Bekasi, Jawa Barat.

"Tanah di wilayah ini per meternya mencapai sekitar Rp3 juta, sedangkan lahan yang difungsikan untuk membangun rumah memiliki luas 900 hektare, belum termasuk biaya fisik bangunan," ujar petugas kemanan setempat, Untung Krisyanto (60), di Bekasi, Kamis malam.

Bahkan, rumah dua lantai pada lahan seluas 900 meter persegi dengan desain bangunan mediterania itu bertetanggaan dengan sejumlah pejabat tinggi daerah dan artis ternama di Tanah Air.

"Rumah bernomor 23-35 Jalan Cemara Raya tepat di depan rumah Bahasyim, adalah milik mantan Bupati Bekasi, Suko Martono. Sementara di bagian samping sebelah selatannya adalah rumah milik Wali Kota Bekasi, Mochtar Mohamad dengan nomor rumah 34 Jalan Cendana Raya," katanya.

Sekitar lima meter ke arah selatan Jalan Raya Cemara, kata dia, sebuah rumah bernomor 26 ditempati oleh vokalis grup band Dewa, Once. Sejumlah penghuni dikawasan tersebut mayoritas adalah pengusaha dengan penghasilan yang relatif cukup besar.

Rumah bercat kuning muda dan atap genteng coklat mengkilat itu terlihat sepi. Sejumlah brosur tawaran produk yang berserakan di depan garasi mobil menambah kesan penghuni rumah jarang pulang ke rumah tersebut.

"Penghuni rumah sudah jarang sekali terlihat sejak lebih dari empat tahun lalu saat beliau pulang haji. Paling-paling hanya penjaga rumahnya saja yang sering terlihat beraktivitas bernama Nasir (70)," kata Untung.

Sosok Bahasyim dikenal kurang bersosialisasi dengan masyarakat sekitar. "Setiap ada kegiatan rutin warga, seperti arisan dan rapat rukun warga (RW) beliau tidak pernah hadir. Bahkan, saat ada tetangganya yang meninggal pun dia tidak datang," katanya.

(T.KR-AFR/R009)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010