Palu (ANTARA News) - Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad menyatakan siap membantu pengembangan perikanan darat di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, senilai Rp1 miliar.

Pernyataan itu dikatakannya di hadapan walikota/bupati se-Sulawesi Tengah saat menyertai kunjungan kerja Wapres Boediono di Palu, Kamis malam.

Fadel siap memberikan bantuan itu ketika Plt. Bupati Sigi Sutrisno Sembiring membutuhkan bantuan untuk mengembangkan potensi perikanan darat di wilayahnya.

Mantan Gubernur Gorontalo itu mengatakan bantuan Rp1 miliar itu digunakan untuk budidaya ikan patin, nila, dan bandeng.

"Dalam waktu dekat akan diberikan bantuan tapi buatlah rencana anggarannya," kata Fadel.

Sebelumnya Sutrisno Sembiring mengatakan daerahnya membutuhkan sesuatu menggerakkan roda perekonomian di daerahnya karena Sigi merupakan daerah yang baru mekar dari Kabupaten Donggala.

"Kebetulan Sigi adalah satu-satunya kabupaten di Sulteng yang tidak punya laut sehingga perikanan darat sangat cocok diterapkan di sini," ujar Sutrisno.

Kunjungan Wapres Boediono beserta rombongan di Palu adalah untuk meeninjau langsung pelaksanaan Inpres No.7/2008 tentang percepatan pembangunan yang hasilnya belum sesuai dengan apa yang diharapkan.

Selain itu, Wapres juga dijadwalkan membuka Festival Maulid Nusantara ke-5 pada Jumat (9/4) siang.

Dalam kunjungan kerja itu juga terdapat sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, seperti Mendiknas Muhammad Nuh, Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad, serta Mensos Salim Aldjufri.
(T.R026/R009)

Pewarta: handr
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010