Jakarta (ANTARA News) - Wisatawan mancanegara dari negeri jiran Malaysia tercatat menduduki jumlah tertinggi dibandingkan wisatawan dari berbagai negara lainnya yang datang mengunjungi Jakarta.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta, Jumat, menyebutkan, jumlah kunjungan wisatawan Malaysia yang datang ke Jakarta pada periode Februari 2010 adalah 19.881 kunjungan.

Jumlah tersebut diikuti oleh wisatawan dari China sebanyak 13.367 kunjungan, Singapura (11.524 kunjungan), Jepang (7.333 kunjungan) dan Korea Selatan (5.963 kunjungan).

BPS mencatat bahwa kunjungan dari sejumlah negara yang berada di kawasan Asia Pasifik memang mendominasi dibandingkan negara-negara dari kawasan lainnya di dunia.

Sementara tingkat kunjungan wisatawan mancanegara ke ibu kota selama Februari 2010 secara keseluruhan mengalami peningkatan sebanyak 3,7 persen.

Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara pada Februari mencapai 127.644 kunjungan, sedangkan pada Januari mencapai 123.027 kunjungan.

Hal tersebut sejalan dengan jumlah wisatawan mancanegara yang mengunjungi Indonesia pada Februari yang mengalami peningkatan sebesar 6,1 persen dibandingkan pada Januari.

Sebelumnya, Sekretaris Ditjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Winarno Sudjas mengemukakan, pihaknya akan mengembangkan sebanyak 10 tujuan pariwisata baru di Indonesia untuk memperkaya dan memberikan alternatif destinasi pariwisata selain Bali kepada wisatawan.

"Mulai tahun 2010 ini kita fokus mengembangkan 10 destinasi pariwisata baru di luar Bali," kata Winarno.

Ke-10 destinasi pariwisata baru tersebut yakni Kepulauan Riau, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Papua Barat.

Meski begitu, pihaknya tetap akan menggarap destinasi unggulan lain yang eksistensinya sudah lebih dahulu diakui yakni Bali, Yogyakarta, dan Bandung.
(M040/ B010)

Pewarta: bwahy
Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2010