Jakarta (ANTARA News) - Timnas futsal Indonesia akan bertemu Malaysia di final Futsal AFF 2010 pada Minggu (11/4) di Stadion Phu Tho, Ho Chi Minh City, Vietnam. Indonesia bermain sempurna setelah menekuk Filipina 4-0, Jumat. Sebelumnya Indonesia mengalahkan Myanmar (7-4), Malaysia (6-0) dan Vietnam (2-1).

Sementara Malaysia berhasil merebut tiket ke final dengan menumbangkan tuan rumah Vietnam 2-0.

Dengan hasil ini, Indonesia di peringkat teratas dalam klasemen akhir penyisihan grup dengan mengumpulkan 12 poin, disusul Malaysia (9), Vietnam (6), Filipina (3) dan Myanmar (0).

Manajer Timnas Futsal Indonesia, Darius Sinathrya dari Vietnam mengatakan, Jumat, kemenangan ini adalah sesuai target tim untuk merebut semua poin di babak grup.

Ia berharap, semua pemain dapat menjaga kondisi fisik di final sehingga mampu merebut juara musim ini.

Peluang terbuka untuk Indonesia merebut gelar di musim ini tak bisa dilepaskan dari ketidakhadiran dua tim terkuat lainnya di kawasan Asia Tenggara ini, yakni Thailand dan Australia.

Tim negeri Gajah Putih, Thailand, adalah pemegang tahta kejuaraan semenjak pergelaran pertama pada 2001.

Thailand kali ini absen karena hampir bersamaan waktunya tampil pada event internasional di bumi sendiri, tepatnya di Nakhon Ratchasima. Sementara, Australia, sejak partisipasinya pada even 2007 tak pernah lagi ikut berkompetisi di sini.

Dengan hanya melibatkan lima tim, The AFF Futsal Championship 2010 tercatat sebagai event yang paling minim peserta, dengan dua tim peringkat teratas kembali bertemu untuk memperebutkan gelar.

Setelah usai event ini, Indonesia juga akan tampil di Kejuaraan Futsal Asia 2010, yang digelar 23-30 Mei mendatang di Uzbekistan. Thailand, Australia, Indonesia dan Vietnam sama-sama menjadi mewakili zona ASEAN.

Thailand otomatis lolos ke putaran-final setelah menjadi runner-up event sebelumnya, dikalahkan Iran 0-4, sementara Australia, Indonesia dan Vietnam lolos dari Pra Piala Asia zona ASEAN, bulan Februari di Jakarta.
(T.T009/R009)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010