Jakarta (ANTARA News) - PSSI juga mengincar pelatih asal Belanda untuk menangani timnas U-23 yang dipersiapkan tampil di SEA Games 2011, selain masih alot bernegosiasi dengan pelatih Austria, Alfred Riedl.

"Kami ingin yang terbaik. Kami masih mempertimbang kontrak resmi dengan Alfred. Selain itu ada rekomendasi pelatih dari Belanda lewat KNVB-nya," kata Sekjen PSSI, Nugraha Besoes di Jakarta, Jumat.

Namun Nugraha belum dapat menyebutkan nama pelatih yang diincar tersebut. PSSI sendiri menjadwalkan akan mengumumkannya secara resmi pada Mei mendatang.

Soal Alfred, menurut Nugraha, pihaknya masih mempertimbangkan untuk mengkontrak secara resmi pelatih asal Austria yang pernah menangani Vietnam dan Laos itu dengan mempelajari permintaan revisi kontrak dari Riedl yangmeminta nilai kontrak lebih tinggi dari yang ditawarkan. Riedl juga meminta nilai bonus yang cukup besar. Sedangkan untuk fasilitas dan faktor pendukung lainnya tidak ada masalah.

Disinggung soal wacana tentang kemungkinan KONI yang akan mengambil alih pelatnas sepak bola secara jangka panjang untuk SEA Games 2011, Nugraha mempertanyakan wacana itu.

"Sepak bola berbeda. pemain sepak bola itu kan profesional. Mereka terikat kontrak dengan klub dan harus terlibat dalam kompetisi. Biayanya juga sangat besar, apa mereka sanggup? Lebih baik KONI mengawasi saja," katanya.

Sementara soal demo Jakmania yang mendatangi kantor PSSI, Sekjen PSSI Nugraha menegaskan PSSI tidak mempermasalahkan adanya demo sepanjang tidak anarkis.

"Sepanjang unjuk rasa itu berlangsung wajar dan tidak anarkis, maka PSSI tidak akan mempermasalahkannya," katanya.

Namun, Nugraha mempertanyakan kenapa membawa-bawa rekomendasi Kongres Sepak Bola Nasional yang sudah dicoret soal pembentukan Dewan Sepak Bola Nasional. "Hasil KSN kan sudah final dengan tujuh rekomendasi itu," katanya.

Sementara terkait dengan beredarnya isu bahwa PSSI akan melayangkan somasi ke beberapa media massa yang selama ini kritis terhadap PSSI, Nugraha menyangkalnya. "PSSI tidak ada rencana soal itu. Wartawan kan bagian dari tujuh pilar pembinaan sepak bola nasional," katanya.(Ant/R009)

Pewarta: handr
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010