Tegal (ANTARA News) - Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Teguh Juwarno mendesak Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) mempercepat perbaikan infrastruktur dan penanggulangan korban bencana angin puting beliung di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah belum lama ini.

"Bencana alam puting beliung yang menerjang Kabupaten Tegal pekan lalu cukup memprihatinkan karena sedikitnya 500 rumah warga mengalami rusak berat dan ringan. Tentunya, kondisi itu membutuhkan bantuan dari Pemerintah Pusat," kata Teguh Juwarno saat meninjau lokasi bencana di Tegal, Minggu sore.

Teguh Juwarno pada kesempatan tersebut juga memberikan bantuan satu ton beras terhadap para korban bencana di posko penanggulangan bencana alam (PBA) di Kelurahan Kagok, Kecamatan Slawi.

Ia mengatakan Fraksi PAN DPR RI ikut prihatin terjadinya bencana angin puting beliung karena musibah tersebut dipastikan akan mengakibatkan kerugian materi terhadap masyarakat.

"Mungkin bantuan ini tidak seberapa jika dibandingkan dengan jumlah kerugian yang diderita warga setempat. Namun kami berharap bantuan beras itu bisa mengurangi beban para korban," katanya.

Menurut dia, Fraksi PAN DPR RI mengetahui informasi bencana angin puting beliung di Tegal itu melalui media sehingga Ketua Umum DPP PAN Hatta Rajasa memerintahkan segenap jajarannya untuk segera memberikan bantuan.

"Kami bersinergi dengan pengurus PAN dan anggota DPRD di Kabupaten Tegal untuk segera memberikan bantuan pada para korban," katanya.

Ia mengimbau pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal untuk mengajukan proposal ke Pemerintah Pusat terkait penanganan pascabencana puting beliung.

"Kami berjanji akan mengawal proses itu sehingga seluruh kerugian bisa diupayakan mendapat bantuan dari pusat," katanya.
(U.KR-KTD/M028/R009)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010