Jakarta (ANTARA News) - Sharp Corp Jepang mengatakan akan mulai memasarkan TV 3D musim panas ini, produsen elektronik terakhir yang akan memasuki pasar untuk produk yang diharapkan akan menjadi hit dalam industri.

Sharp, produsen LCD TV terbesar keempat setelah Samsung Electronics Co Ltd, Sony Corp dan LG Electronics Inc, akan meluncurkan TV 3D musim panas ini di Jepang.

Sharp mengatakan berencana memulai penjualan di Cina, Amerika Serikat, dan Eropa tahun ini.

Para produsen elektronik berebut untuk meluncurkan TV 3D tahun ini, pertarungan teknologi yang akan menjadi dorongan besar bagi industri sama ketika transisi dari televisi hitam putih ke berwarna.

Panasonic Corp dan Samsung Electronics telah merilis model 3D, sementara Sony berencana berencana memulai penawaran TV 3D pada Juni.

Permintaan untuk TV 3D akan mencapai lebih dari sepuluh kali lipat menjadi 27 juta unit pada tahun 2013 dari sebuah perkiraan satu juta unit tahun ini berdasarkan firma riset DisplaySearch.

Saham Sharp turun 0.4 persen menjadi 1,198 yen, sebagai perbandingan Nikkei (N225) rata-rata naik 0.8 persen, demikian Reuters.

(Adm/S026)

Pewarta: mansy
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010