Washington (ANTARA News/AFP) - Pemerintah AS memiliki defisit anggaran 65 miliar dolar pada Maret, kata Departemen Keuangan Senin, jauh lebih rendah dari bulan sebelumnya setelah dikupas perkiraan biaya penyelamatan bank.

Kekurangan anggaran 65,39 miliar dolar bulan lalu, penurunan 65 persen dari tahun lalu.

Itu adalah 18-bulan berturut-turut tinta merah federal. Dibaca menjadi lebih buruk daripada rata-rata perkiraan analis dari defisit 62 miliar dolar.

Pendapatan federal naik untuk kedua bulan berturut-turut, menjadi 153,36 miliar dolar. Kenaikan Februari telah menjadi peningkatan pertama sejak April 2008.

Pemerintah menghabiskan 218,74 miliar dolar pada Maret. Sisi pengeluaran manfaat buku besar dari perkiraan revisi turun biaya

700 miliar dolar Program Bantuan Aset Bermasalah (TARP) yang diluncurkan untuk menopang sistem keuangan di tengah krisis keuangan global.

Perkiraan baru, dikeluarkan oleh pemerintah pada Januari, mengiris 115 miliar dolar dari biaya TARP.

Data anggaran bulanan departemen keuangan sering berubah-ubah, membuat tinjauan jangka panjang indikator yang lebih handal dari keadaan keuangan pemerintah.

Sejak awal tahun fiskal 2010 pada 1 Oktober 2009, defisit anggaran sebesar 716,99 miliar dolar pada akhir Maret, delapan persen lebih kecil dibandingkan periode enam bulan yang sama tahun sebelumnya.

Penurunan defisit ini lebih baik dari perkiraan pesimis pemerintah pada Februari bahwa defisit akan naik 10 persen secara tahunan di paruh pertama tahun fiskal. (A026/K004)

Pewarta: kunto
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010