Jakarta (ANTARA News) - Beberapa serikat pekerja akan berunjuk rasa di berbagai tempat di wilayah DKI Jakarta, Selasa, antara lain untuk menuntut perbaikan kesejahteraan para buruh di Tanah Air.

Menurut informasi Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya di Jakarta, Selasa pagi, berbagai aksi serikat pekerja itu akan dilakukan di wilayah Jakarta Pusat.

Unjuk rasa pertama diagendakan berlangsung di depan Istana Merdeka di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, mulai dari sekitar pukul 08.00 WIB.

Para pengunjuk rasa yang akan menyampaikan aspirasinya di depan Istana itu berasal dari kelompok Federasi Serikat Pekerja Mandiri.

Sementara aksi demonstrasi dijadwalkan terjadi di depan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat di Jalan Gajah Mada, sekitar pukul 09.00 WIB.

Pendemo di depan PN Jakpus berasal dari kelompok Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI).

Pada jam yang sama, Mahkamah Agung (MA) di Jalan Medan Merdeka Utara juga akan disambangi oleh kelompok Gerakan Masyarakat untuk Pendidikan Politik dan HAM.

Sedangkan terdapat pula pengunjuk rasa yang berencana menggelar aksi di Mahkamah Konstitusi (MK) di Jalan Medan Merdeka Barat, pukul 14.00 WIB.

Sebelumnya, Forum Aliansi Serikat Buruh/Pekerja se-Jawa Sumatra berunjuk rasa di depan MA, Senin (12/4), untuk menuntut agar Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) agar dibubarkan.

Koordinator lapangan Forum, Jamal, mengatakan, pembubaran PHI karena putusan dari pengadilan tersebut dinilai seringkali berpihak kepada kepentingan pengusaha dan merugikan para pekerja/buruh.(M040/P004)

Pewarta: handr
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2010