Jakarta, 13/4 (ANTARA) - Forum Penelitian dan Pengembangan Hutan (FORDEF) bekerja sama dengan CIFOR menyelenggarakan pertemuan pertama dari tiga pertemuan nasional kunci yang akan diselenggarakan di Indonesia sebelum Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa ke 16 (UNFCCC COP-16). Pertemuan tersebut yaitu Indonesian Round Table Discussion (IRTD) ke tiga, yang akan dilaksanakan di ruang Sonokeling, Manggala Wanabakti, Jakarta pada 12 April 2010. Pertemuan ini akan mempertemukan politisi dan peneliti guna membahas peran sektor kehutanan Indonesia dalam strategi mitigasi iklim di Jakarta pada tanggal 13 April 2010.

     Pertemuan yang akan dibuka oleh Menteri Kehutanan tersebut, mengambil tema "Hutan pasca Copenhagen: Bagaimana Indonesia Dapat Memenuhi Komitmen Iklim Nasionalnya?". Pertemuan bertujuan memperkuat kemitraan di bidang penelitian kehutanan nasional dan membuka kesempatan bagi terciptanya kolaborasi penelitian ilimiah yang strategis dalam kerangka Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa ke 15 yang lalu pada tanggal 15 Desember 2009.

     Beberapa hal yang akan dibahas dalam pertemuan tersebut yaitu pembahasan mengenai analisa mengenai implikasi umum hasil konferensi perubahan iklim ke-15 terhadap sektor pertanian dan kehutanan Indonesia, cara-cara yang efektif untuk mencapai target mitigasi hutan nasional, dan informasi terbaru mengenai skema percontohan di tingkat nasional dan sub-nasional terkait mengenai REDD atau penurunan emisi dari deforestasi dan degradasi hutan. Diharapkan pertemuan ini akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan kongkrit sehingga para pengambil kebijakan dapat menerapkannya dalam bentuk kebijakan yang tepat.

     Untuk keterangan lebih lanjut, silakan menghubungi Bintoro, Plh Kepala Pusat Informasi Kehutanan, Kementerian Kehutanan

Pewarta: prwir
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2010