Jakarta (ANTARA News) - Wilayah Jakarta dan sekitarnya mulai memasuki masa pancaroba atau peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau, demikian Hary Tirto Djatmiko, Kepala Sub Bidang Informasi Meteorologi pada Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), di Jakarta, Selasa.

Dia menerangkan, masa pancaroba biasanya ditandai dengan fenomena cuaca ekstrem akibat atmosfer yang tidak stabil berupa hujan lebat dalam tempo singkat dan angin kencang.

Hary juga mengatakan suhu udara Jakarta akan mulai meningkat namun masih dalam kisaran normal, antara 33-34 derajat celcius.

"Masih normal. Mungkin sekarang jadi terasa lebih panas karena tubuh sebelumnya terbiasa dengan suhu musim penghujan yang lebih dingin," katanya.

Ia mengatakan transisi dari musim penghujan ke musim kemarau akan berlangsung antara Maret-April di wilayah Jakarta bagian utara dan April-Mei di wilayah Jakarta bagian selatan.

Tahun ini, musim kemarau di wilayah DKI Jakarta bagian utara, Tangerang, bagian utara Bekasi dan Karawang terjadi mulai April. Demikian juga daerah utara Serang, Pati dan Rembang di Jawa Tengah serta sebagian besar wilayah Jawa Timur, Bali, Lombok dan Nusa Tenggara Timur.

Sementara sebagian besar daerah di Sumatera, Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan memasuki musim kemarau pada Mei, sedangkan sebagian besar Riau, Banten, Kalimantan, Sulawaesi, Maluku Tenggara dan sebagian Papua mulai Juni. (*)

M035/AR09

Pewarta: handr
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010