Ruteng, Flores (ANTARA News) - Mgr. DR Hubertus Leteng, Pr, ditahbiskan menjadi Uskup Ruteng, Flores, Nusa Tenggara Timur(NTT), setelah lama mengabdi di Seminari Tinggi Ritapiret di Maumere, Kabupaten Sikka, sejak 1989.

Penahbisan dilakukan oleh sejumlah uskup terdiri atas, Uskup Dioses Maumere Mgr. G. Kherubim Pareira sebagai penahbis utama, Mgr. Vincentius Potokota Pr dan Mgr. Hilarion Datus Lega, Pr, sebagai penahbis pertama dan kedua di Lapangan Motang Rua, Ruteng, ibu kota Kabupaten Manggarai, Rabu.

Sejak setahun yang lalu, Uskup Ruteng Mgr. Eduardus Sansung meninggal dunia dan kemudian Vatikan menetapkan Mgr. Hubertus Leteng sebagai pengganti. Penahbisan atas Mgr. DR Hubertus Leteng dihadiri oleh 33 uskup di Indonesia dan puluhan ribu umat.

Dalam perjalanan dari Ritapiret di pinggiran Kota Maumere menuju ke Ruteng untuk menjadi uskup, Mgr. Hubertus Leteng dijemput hangat sejak pekan pertama bulan ini di daerah-daerah yang dilalui di Manggarai Timur dan Manggarai. Keuskupan Ruteng membawahi wilayah Manggarai Timur, Manggarai dan Manggarai Barat.

Dalam rangkaian perjalanan menuju tugas sebagai uskup di Ruteng,

Mgr. Hubertus disambut meriah, bahkan diarak keliling Borong, ibu kota Kabupaten Manggarai Timur dan Ruteng, sejak 7 April lalu.

Dalam sebuah misa di Borong, Manggarai Timur pekan lalu dan kemudian diulangi lagi dalam penahbisan di Ruteng, Mgr. Hubertus menyerukan persaudaraan antarumat beriman dan umat seiman. Persaudaraan, menurutnya, harus menjadi cita-cita semua orang tanpa memandang suku, agama dan ras, karena semboyan kegembalaannya adalah semua saudara.

Mgr. Hubertus Leleng,Pr lahir di Tega, Ruteng pada 1 Januari 1959 dan memulai tugas pastoral di Lela, Sikka, Flores bagian tengah pada 1988, kemudian sempat menjadi staf pembina Seminari Tinggi St Petrus Ritapiret Maumere,juga sempat bertugas sebagai pastor di Jakarta pada 1991-1992, dosen Seminari Ritapiret, Direktur Spiritualitas bagi para frater di Ritapiret dan sejak 7 September 2009 diangkat menjadi Uskup Ruteng dan ditahbiskan pada Rabu.

Upacara penahbisan berlangsung dalam sebuah missa sangat meriah dan khidmat mulai pukul 09.00 Wita. Ketika pada waktu yang ditentukan upacara dimulai, lebih dari 600 pastor mengantar para uskup di mana terdapat Mgr. Hubertus menuju ke panggung panahbisan.

Hadir pada uparaca penahbisan dihadiri antara lain utusan Vatikan Mgr. Leopoldo Girreli, Dirjen Bimas Katolik Stef Agus, Gubernur Frans Lebu Raya, para bupati sedaratan Flores dan Walikota Kupang Daniel Adoe.
(ANT/B010)

Pewarta: bwahy
Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2010