Padang (ANTARA News) - Pakar Ilmu Politik dari Universitas Andalas Alfitri MS, mengatakan DPR dalam hal ini Komisi XI DPR RI tidak pantas menolak melakukan rapat kerja dengan Sri Mulyani Indrawati yang saat ini masih menjabat sebagai Menkeu.

"Bagaimanapun juga kini Sri Mulyani masih menjabat Menkeu karena itu untuk sementara DPR harus berjiwa besar, apalagi rapat menyangkut agenda APBN yang penting untuk kelangsungan pembangunan," kata Alfitri MS, di Padang, Rabu.

Ia mengatakan hal itu menanggapi pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang mempertanyakan alasan Komisi XI DPR yang menunda rapat dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam pembahasan RAPBN-P 2010.

Meski begitu, Alfitri dapat dipahami bila komisi XI enggan rapat dengan Menkeu Sri Mulyani terkait rekomendasi hak angket kasus Bank Century.

Menteri Keuangan Sri Mulyani, kata dia, di mata DPR RI sekarang memang sedang mengalami krisis legitimasi atau dianggap sebagai sosok yang bermasalah.

"Anggapan tersebut terkait dengan hasil Pansus Century dan termasuk kasus mafia pajak saat ini," kata Alfitri Kepala Jurusan Ilmu Politik FISIP Unand.
(T.F011/D012/P003)

Pewarta: handr
Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2010