Denpasar (ANTARA News) - Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung Made Subawa mengatakan, pihaknya akan promosi pariwisata ke Korea dan London karena keduanya sangat berpotensi mendatangkan warganya ke Pulau Dewata, khususnya Badung.

"Di sana (London) terkumpul warga Eropa dari banyak negara, sehingga promosi ke negeri kerajaan itu akan membawa ketertarikan bagi warga Eropa untuk berkunjung ke Pulau Dewata," katanya.

Namun Kabid Promosi Dinas Pariwisata Badung Dewa Sumitro mengaku dana promosi wisata tahun ini agak mengendur, padahal tahun 2009 total dana promosi Badung mencapai Rp3,5 miliar, sedangkan tahun ini Rp3,1 miliar.

"Jumlahnya menurun karena tahun lalu ada empat negara yang kami kunjungi. Sedang tahun ini hanya dua negara," katanya.

Ia mengatakan, empat negara yang dikunjungi untuk promosi 2009 adalah China, Jepang, Italia dan Inggris.

Berdasarkan data pada Badan Pusat Statistik (BPS) Bali, kunjungan warga China mengalami peningkatan dan menggeser posisi Jepang sejak beberapa waktu lalu.

Untuk negara Korea yang akan dituju Juni 2010, Dewa Sumitro mengatakan, pangsa pasar yang dituju adalah warga Asia, sementara untuk promosi dalam negeri akan dilakukan di tiga tempat, yakni Jakarta, Surabaya dan Batam, kata Dewa Sumitro. (*)

I020/P004/AR09

Pewarta: mansy
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010