Liwa, Lampung Barat (ANTARA News) - Permintaan madu hutan Lampung Barat relatif tinggi, bahkan madu hutan asal kawasan hutan di daerah itu banyak diminati konsumen dari Jakarta, pulau Jawa, dan Sumatera, kata penjual madu.

"Dalam seminggu saya harus memenuhi permintaan madu dari pelanggan dari luar daerah seperti Jakarta, bahkan setiap minggunya omset penjualan madu semakin meningkat, seiring telah diketahui khasiat madu seperti untuk kesehatan dan kebugaran," kata Sukino (42), pencari madu hutan di Kecamatan Sumberjaya, Lampung Barat, Kamis

Ia menyebutkan, luasnya hutan di Lampung Barat membuat pasokan madu hutan tidak pernah sepi, bahkan para pemburu madu setiap minggu mampu memproduksi madu mencapai 30 sampai 40 botol setiap pekan.

Harga setiap botol madu hutan bervariasi, untuk madu ukuran sedang berharga Rp65.000/botol, sedang ukuran besar seharga Rp95.000/botol.

Ia menjelaskan, madu yang berasal dari kawasan hutan itu cukup digemari.

"Banyak yang telah membuktikan khasiat dari madu hutan tersebut terutama untuk kebugaran," katanya.Madu hutan dapat menjadi buah tangan atau oleh-oleh dari Lampung Barat.

Sukino mengatakan, kualitas madu hutan dapat ditentukan oleh warna madu, yakni semakin gelap madu tersebut kualitasnya semakin baik.

Akan tetapi pelanggan yang ada hanya memesan madu dengan warna yang tidak terlalu gelap, sebab madu tersebut tidak terlalu asam, sedangkan madu dengan warna gelap, mempunyai rasa sedikit asam.

Berminat madu hutan lampung? (A054/A024)

Pewarta: wibow
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010