Madrid (ANTARA News) - Barcelona mengokohkan posisi puncak dalam klasemen kompetisi Liga Spanyol (La Liga) setelah Bojan Krkic, Pedro dan Yaya Toure menngukir kemenangan 3-0 di kandang sendiri atas Deportivo Coruna, Rabu.

Kemenangan 2-0 Sabtu atas saingan berat mereka Real Madrid membuat tim asuhan Pep Guardiola itu unggul tiga poin di puncak klasemen dan kemenangan Rabu membuat mereka memperlebar jarak menjadi enam angka atas Real hingga laga di Almeria, Kamis, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Pada pertandingan meriah di Nou Camp, tim papan tengah Depor berusaha keras mengatasi lawan mereka namun tetap tidak berhasil menembus pertahanan lawan, sementara Xavi dengan ketat menjaga daerah tengah lapangan.

Dengan tidak hadirnya striker Zlatan Ibrahimovic dan pemain tengah Andres Iniesta karena cedera, Guardiola memperagakan pola permainan tidak seperti biasanya, 4-2-3-1, dengan Bojan sebagai ujung tombak di depan Lionel Messi, Pedro dan Jeffren.

Pemain tengah Spanyol Xavi membuka pertahanan tim tamu sehingga Bojan mampu mencetak gol dari jarak dekat pada menit ke-16 sebelum Daniel Alves dengan cekatan menembak ke tiang gawang. Messi dan Rafael Marquez juga dengan cepat menggebrak tapi dapat ditahan barisan pertahanan lawan.

Gol yang diciptakan Perdo pada menit ke-69 merupakan yang termudah di antara ketiga gol tim itu.

Bola mental dari tendangan Daniel Aranzubia mengarah pada pemain berusia 22 tahun itu dan ia melancarkan tendangan langsung ke arah penjaga gawang Depor yang meninggalkan posisinya sehingga bola masuk dengan mudah.

Aranzubia sebelumnya membuat Depor berada di atas angin tetapi serangannya dipatahkan Messi, Xavi dan Jeffren. Sebaliknya Barca menembus gawang lawan ketika tiga menit kemudian Toure menggetarkan gawang Depor.

"Kali ini pertandingan amat keras tetapi kami dapat mengatasinya dan menembus pertahanan mereka," kata Ketua Barca Joan Laporta dalam wawancara televisi.

"Mereka kelihatannya lapar dan amat ingin mencetak gol. Hal ini saya rasakan terjadi pada musim lalu," katanya.

Barca kini mengantongi 83 poin dengan sisa enam pertandingan lagi. Real mengoleksi 77 poin dengan beda satu pertandingan dan Valencia, yang menjamu Athletic Bilbao Kamis, di urutan ketiga dengan simpanan 56 poin.

Real Mallorca naik ke atas Sevilla ke tempat tim kualifikasi Liga Champions Rabu ketiga mereka bermain imbang 1-1 lawan tim yang lagi tertatih-tatih Real Zaragoza.

Tim "Balearic Islanders" itu menyimpan 52 poin dan Sevilla 51 setelah tim Andalucia itu kalah 1-2 lawan tim yang terancam degradasi Real Valladolid, Selasa.

Atletico Madrid, yang akan bertanding (leg) pertama pada kompetisi semi final Liga Europa melawan Liverpool pada 22 April, kalah 0-1 lawan tim papan bawah Xerez.

Kemenangan keenam tim kecil Xerez, yang maju ke kompetisi La Liga dengan dana sekitar sepersepuluh dana Atletico, kini mengantongi 26 poin dengan sisa enam pertandingan, enam angka dari zona berbahaya.

Racing Santander naik dari daerah berbahaya setelah sempat kecolongan tapi akhirnya menang di kandang 3-1 atas Espanyol, yang penjaga gawangnya Carlos Kameni dikeluarkan dari lapangan pada menit ke-46 sedangkan Osasuna imbang 2-2 ketika menjami Malaga.(A008/A024)

Pewarta: wibow
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010