London (ANTARA News) - Tottenham Hotspur membuat nafas perburuan perebutan gelar juara Liga Premier memanjang setelah menang 2-1 atas pemuncak klasemen Chelsea melalui satu pertandingan dramatis di laga kelas atas, Sabtu malam tadi.

Kemenangan Spur yang dipastikan oleh gol Jermain Defoe dan Gareth Bale itu memperpendek jarak Chelsea dari pesaingnya Manchester United hanya satu poin dengan tiga pertandingan tersisa untuk dimainkan.

Yang makin memperburuk tim tamu Chelsea adalah mereka harus mengakhiri pertandingan dengan 10 pemain melawan rival sekotanya itu setelah kapten John Terry diganjar kartu merah setelah dua kali dikartukuningkan wasit di stadion White Hart Lane itu.

Namun manajer Chelsea Carlo Ancelotti menyampaikan optimismenya kepada ESPN bahwa, "Gelar tetap di tangan kami, kami tidak perlu takut, kami hanya harus menatap laga berikutnya melawan Stoke."

"Kami tidak bermain baik, sebaliknya Tottenham bertanding baik sekali," tambah pelatih berkebangsaan Italia itu.

Kemenangan Tottenham membuat pasukan Harry Redknap yang pekan lalu kalah di semifinal Piala FA melawan Portsmouth sebelum kemudian bangkit dalam perang saudara (derby) antar sesama London Utara melawan Arsenal Rabu lalu, bergerak ke pringkat empat klasemen.

Kemenangan ini membuat mereka hanya dua poin di bawah Manchester City untuk memburu satu tiket Inggris di Liga Champions.

"Mereka fantastik. Setelah kekecewaan Minggu pekan lalu, bangkit dengan dua kemenangan itu, adalah kelas atas," kata Redknapp mengenai tim asuhannya.

"Kami bahkan melihat hari ini lebih baik ketimbang saat menghadapi Arsenal, di 30 menit pertama kami benar-benar mendominasi."

Defoe membuat Spurs unggul di titik penalti pada menit 15 setelah bek Inggris John Terry melakukan pelanggaran di kotak penalti, sementara Bale, yang menjadi aktor kemenangan 2-1 melawan Arsenal lalu, menggandakan keunggulan itu setelah babak pertama berakhir manakala dia berhasil memperdaya Petr Cech.

Terry yang sudah dikartukuningkan karena melanggar Roman Pavlyuchenko, dikeluarkan wasit Phil Dowd setelah dia menggunting pemain internasional Wales international Bale di menit 67.

Spurs, yang membuang banyak peluang manis untuk menuntaskan pertandingan, sempat terhenyak oleh gol pemain tengah Chelsea Frank Lampard.

Sekitar setengah jam sebelumnya, pemain tengah veteran Paul Scholes membuat ambisi United hidup kembali dengan golnya tepat di akhir pertandingan, dalam derby melawan tuan rumah Manchester City.

Hanya tersisa 20 detik dari tiga menit waktu tambahan di babak kedua ketika Scholes menyundul bola memanfaatkan umpan silang Patrice Evra di stadion Eastlands itu.

"Di menit akhir, City bermain agak terbuka, dan saya memutuskan mendorong Schole ke depan dan itu dibayar tuntas olehnya," terang manajer United Sir Alex Ferguson.

Boss City, pelatih asal Italia Roberto Mancini, menyatakan kendati kecewa atas kekalahan itu, namun tetap yakin bakal memperoleh tempat di Liga Champions.

"Laga krusial akan terjadi melawan Tottenham di sini (pada 5 Mei)," tambahnya.

Sunderland mengantarkan Burnley mendekati zona degradasi dengan kemenangan kandang 2-1 manakala Frazier Campbell dan Darren Bent mencetak dua gol Black Cats di babak pertama sebelum kemudian Steven Thompson menghujamkan gol balasan delapan menit sebelum bubar.

Sementara itu posisi dua juru kunci Hull City tetap berada di zona merah setelah bermain tanpa gol melawan Birmingham.

Gol kesepuluh Pemain Australia Tim Cahill di musim ini, melambungkan harapan Liga Eropa Everton ketika dia gol penentu kemenangan di laga tandang melawan Blackburn Rovers 3-2.

Everton memimpin di Ewood Park lewat gol penalti keempat Mikel Arteta setelah pemain Spanyol ini dijatuhkan pemain asal Selandia Baru Ryan Nelsen.

Namun Rovers menyamakannya lewat Steven Nzonzi yang menendang bola dari jarak 30 yard di menit 69.

Para pemain pengganti kemudian mencetak gol untuk timnya masing-masing, dimana penyerang Everton Yakubu membuat tim tamu unggul 2-1, namun 30 detik kemudian penyerang Rovers menyamakan kedudukan itu.

Yakubu kemudian mengantarkan kemenangan Cahill di menit 90.

Bolton memastikan diri bertahan di Liga Premier musim depan setelah dua gol di lima menit terakhir dari Matt Taylor, menyalip mengalahkan Stoke yang membuka skor lewat Dave Kitson, 2-1.

Wolves bergerak ke zona aman setelah bermain seri tanpa gol melawan semifinalis Fulham, Europa.

Wigan yang sedang berjuang keras bertahan akan berada di kandang Arsenal Minggu ini, sedangkan Portsmouth akan menghadapi Aston Villa di Fratton Park.

Liverpool, yang akan dijual sahamnya oleh pemiliknya Tom Hicks dan George Gillett, Jumat, akan bertanding melawan tim terancam degradasi West Ham di Anfield Senin nanti. (*)

AFP/Jafar Sidik

Pewarta: jafar
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010