Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan rokok nasional, PT Djarum, mengembangkan pusat pembibitan tanaman Trembesi untuk mencetak sekitar 300 ribu bibit pohon tersebut yang memiliki daya serap tinggi terhadap gas buang karbondioksida.

"Rencana pembibitan itu untuk memenuhi program `Djarum Trees for Life," kata Direktur PT Djarum Thomas Budi Santoso, pada keterangan pers penanaman pohon Trembesi sepanjang 1,2 kilometer di jalan raya Karang Anyar, Kudus, Jawa Tengah, Minggu.

Ia menjelaskan melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) pihaknya berencana menanam 2.767 pohon Trembesi sepanjang jalan raya Semarang-Kudus, Jawa Tengah, untuk mengurangi dampak pemanasan global akibat emisi gas buang dari kendaraan bermotor.

"Sampai saat ini kami telah menanam 2.086 pohon Trembesi," ujarnya pada penaman pohon yang dihadiri aktris Luna Maya itu. Penanaman Pohon itu juga terkait rangkaian kegiatan HUT Djarum ke-59.

Sebelumnya, PT Djarum menggandeng penyanyi dan pegiat lingkungan Nugie untuk menanam pohon Trembesi di wilayah tersebut.

Rencananya, menurut Manajer Komunikasi Perusahaan PT Djarum Renitasari, pihaknya akan menggandeng Kelompok Musik Nidji pada sisa penanaman pohon selanjutnya di jalur Semarang-Kudus, pada Mei 2010.

Sayangnya, Renitasari tidak mau menyebutkan nilai program penanaman pohon tersebut. "Yang pasti selama tiga tahun penyiraman dan perawatan pohon itu, kami yang lakukan," katanya.

Sementara itu Dosen Fakultas Kehutanan IPB Endes N Dahlan mengungkapkan Trembesi mempunyai keunggulan yaitu memiliki daya serap CO2 sampai 28,5 ton gas buang tersebut, menurunkan konsentrasi gas secara efektif, sebagai tanaman penghijauan, dan menyerap air tanah secara kuat.

Oleh karena itu, PT Djarum, kata Thomas, menggunakan pohon Trembesi untuk penghijauan di sepanjang jalan raya Semarang-Kudus yang banyak dilalui kendaraan berat dan besar. (R016/K004)

Pewarta: handr
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010