London (ANTARA News/AFP) - UEFA hari Minggu menegaskan bahwa pertandingan semifinal Liga Champions akan berjalan sesuai jadwal pekan ini di tengah-tengah kekacauan perjalanan melalui udara akibat awan abu vulkanik yang berasal dari Eslandia.

Tetapi, badan sepak bola Eropa itu mengatakan situasi mengenai perjalanan Fulham ke Hamburg dan perjalanan Liverpool ke Atletico Madrid untuk pertandingan semifinal leg pertama Liga Eropa, jadwal pertandingan hari Kamis itu akan ditinjau kembali hri Senin.

"Semifinal Liga Champions akan diselenggarakan sesuai jadwal, karena tim-tim yang akan melakukan pertandingan tandang dapat mlakukan perjalanan alternatif," kata juru bicara UEFA kepada kpada AFP, Minggu.

"Megenai Liga eropa, kami akan mninjau kembali situasinya Senin pagi."

Atas pertanyaan apakah pertandingan hari Kamis akan bisa terancam, ia mengabaikan penangguhan pertandingan.

"Memang kita harus mengambil keputusan bijaksana untuk menetapkan pertandingan diselenggarakan atau tidak, tetapi jelasnya akan dittapkan pada pertemuan kami bsok," tambahnya.

Juara Eropa Barcelona dan tim Prancis, Lyon, yang masing-masing akan bertanding melawan Inter Milan dan Bayern Munich pada pertandingan semifinal leg pertma Liga Champions hari Selasa dan Rabu, akan melakukan perjaanan dengan menggunakan kendaraan bus.

Skuad Barcelona akan meninggalkan Spanyol hari Minggu dan singgah semaam di daerah wisata Prancis, Cannes, sebelum melanjutkan perjalanan Senin pagi guna melengkapi perjalanan 1.000 kilometer ke Milan di bagian utara Italia.

Beberapa jam setelah pengumuman itu, bandar-bandar udara Spanyol mengatakan mereka akan membuka kembali wilayah udara mereka.

Lyon mengatakan bila bandar udara lokal mereka tidak dibuka kembali, mereka tidak memunyai pilihan lain, kecuali mengambil langkah-langkah serupa.

"Kami tidak mempunyai pilihan. Tidak banyak yang bisa kami lakukan terhadap awan abu," kata kapten tim, Cris.

"Kami harus melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan bus, tetapi kami bukan satu-satunya tim yang mlakukn demikian," katanya.

Meskipun Manajer Fulham Roy Hodgson mengakui tim suhannya siap melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta api atau bus bila perlu, ia menggartisbawahi seruan UEFA baru-baru ini agar pertandingan-pertandingan diselenggarakan dalam suasana yang memadai.

"Satu perhatian UEFA ialah kita harus fair dan lawan-lawan mereka tidak harus pergi dengan menempuh perjalanan yang sulit untuk melakukan pertandngan," kata Hodgson Sabtu malam setlah timnya bermain imbang tanpa gol melawqan Wolves.

"Masih ada masalah lebih lanjut, karena mungkin tidak ada kereta api atau bus, tetapi saya yakin UEFA akan menyelsaikanmasalah ini."

Wilayah udara Inggris ditutup selama beberapa hari akibat abu vulkanik yang melanda seluruh Eropa dari sebuah gunung di Eslandia.

British Airways mengumumkn perusahaan tersebut membatalkan semua penerbangan ke dan dari London untuk hari Senin, karena awan abu vulkanik dari Eslandia. (S005/K004)

Pewarta: kunto
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010