London (ANTARA News/Reuters) - Perlombaan kejuaraan dunia sepeda motor MotoGP Jepang Grand Prix di Motegi minggu depan kelihatannya akan ditunda karena masalah pengangkutan udara akibat tebalnya debu dari gunung berapi Eyjafjallajokuli di Islandia.

Belum ada konfirmasi resmi dari panitia hingga Minggu tetapi sumber dari MotoGP mengatakan kepada Reuters bahwa badan otomotif yang bermarkas di Swiss, Federasi Otomotif Internasional (FIA), merencanakan mengeluarkan pernyataan Senin.

Laman motorcyclenews.com melaporkan bahwa perlombaan itu, merupakan putaran kedua musim ini, akan dijadwal ulang menjadi 3 Oktober sebagai putaran ke-14 sebelum Malaysia dan Australia.

Bila penundaan itu jadi dilaksanakan, maka perlombaan berikutnya akan diadakan di Sirkuit Jerez di Spanyol pada 2 Mei. Pebalap dari Italia, juara dunia Valentino, kini memimpin klasemen sementara.

Semua kendaraan para pebalap akan diterbangkan langsung dari Qatar. Akibat debu yang memenuhi udara, hampir semua bandara ditutup, sehingga tidak mungkin bagi tim Eropa untuk terbang ke Jepang.

Tim F1, yang umumnya bermarkas di Inggris, serta media internasional, mengalami masalah sulit untuk meninggalkan China setelah melakukan perlombaan Shanghai Grand Prix minggu ini.
(Uu.A008/A016/P003)

Pewarta: priya
Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2010