Sacramento (ANTARA) - Jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit karena COVID-19 di California telah meningkat 32 persen selama dua minggu terakhir.

Sementara itu, penerimaan perawatan intensif telah melonjak sebesar 30 persen karena pandemi melonjak di seluruh Amerika Serikat, kata sekretaris Layanan Kesehatan dan Kemanusiaan negara bagian itu pada Selasa.

Dr. Mark Ghaly mengatakan tiga kabupaten atau county yang  berpenduduk sekitar 5,5 juta orang - San Diego, Sacramento dan Stanislaus - harus membatalkan rencana pembukaan kembali mereka dan kembali ke kategori peraturan paling ketat yang bertujuan memperlambat penyebaran virus.

Lebih banyak kabupaten kemungkinan akan diminta untuk membatalkan pembukaan kembali dalam beberapa minggu mendatang, katanya.

Di tingkat peraturan yang paling ketat, makan dalam ruangan di restoran tidak diperbolehkan. Klab kebugaran dan lembaga keagamaan juga tidak diperbolehkan mengadakan kegiatan di dalam ruangan.

"Kami mengantisipasi jika segala sesuatunya tetap seperti ini ... lebih dari setengah negara bagian California akan pindah ke tingkat yang lebih ketat" minggu depan, kata Ghaly.

Baca juga: California, New York, Texas tak akan kurangi pengujian COVID-19
Baca juga: Krisis COVID-19 meluas, California kembali terapkan pembatasan
Baca juga: California instruksikan 40 juta penduduknya berada di rumah

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2020