Tampak Siring, Bali (ANTARA News) - Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufrie mengatakan pola razia untuk menyelesaikan masalah sosial terkait kelompok masyarakat marginal tidak menyelesaikan masalah, sehingga pemerintah berencana mengubah pola melalui pendekatan persuasif dan lebih profesional.

Hal tersebut disampaikan Mensos kepada wartawan di Istana Tampak Siring, Kabupaten Gianyar, Bali, Selasa, terkait masalah-masalah yang dibicarakan dalam kelompok kerja kerja III tentang pembangunan berkeadilan bagi seluruh lapisan masyarakat.

"Misal, penanganan anak perlu metodologi tertentu. Bila menggunakan cara razia tidak efektif, karena itu relawan dan pekerja sosial akan dikembangkan," ujarnya.

Ia mencontohkan, beberapa peristiwa penertiban anak jalanan atau kelompok marginal lainnya melalui pola razia justru bukan menyelesaikan masalah, bahkan menambah masalah yang ada.

"Seperti pernah terjadi, si anak lari dan kemudian masuk ke sungai, akhirnya meninggal," ucap Salim.(T.P008/B/C004/C004) 20-04-2010 09:09:57

Pewarta: handr
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2010