London (ANTARA News) - Liverpool menikmati kemenangan 3-0 atas West Ham United di Anfield, Senin, dan menjadi persiapan yang ideal sebelum perjalanan maraton ke Spanyol untuk pertandingan semifinal Liga Europa pekan ini melawan Atletico Madrid.

Gol-gol pada babak pertama dari Yossi Benayoun dan David Ngog membawa tim tuan rumah memimpin sebelum gol bunuh diri saat pertandingan berlangsung tepat satu jam dari kiper Hammers Robert Green membantu mengangkat Liverpool ke posisi keenam dalam klasemen Liga Premier dengan 59 poin.

Mereka membuntuti tim di urutan keempat Tottenham Hotspur, yang masih punya satu pertandingan di tangan dan menyisakan empat pertandingan yang belum dimainkan, dengan lima poin.

Akan tetapi secara realistis satu-satunya harapan Liverpool untuk mendapatkan penghiburan pada musim yang berat setelah tersingkir pada babak awal Liga Champions dan Piala FA itu, berada pada pertandingan pertama semifinal, Kamis, di ibukota Spanyol.

Abu dari gunung berapi di Islandia telah menutup wilayah udara di Eropa hampir sepanjang pekan lalu dan Liverpool harus berangkat ke Madrid dengan kendaraan yang lebih banyak memakan waktu.



Kurang semangat

West Ham hampir tidak mencatat tembakan dan membiarkan Liverpool,

khususnya kapten Steven Gerrard, mendikte pertandingan.

Gerrard menciptakan gol pembuka Liverpool ketika umpan silangnya diarahkan ke gawang oleh Benayoun pada menit ke-19, pemain asal Israel itu membelokkan bola ke gawang dengan dadanya.

Penyelesaian rapi yang dilakukan Ngog atas umpan Maxi Rodriguez dari lini tengah 10 menit kemudian seharusnya bisa diselamatkan oleh Green, yang ragu-ragu menghadapi tendangan Gerrard menjelang menit ke-60 membuat pemain belakang Sotiris Kyrgiakos menepuk bola menuju gawang dan memantul pada tiang dan masuk ke gawang setelah menerpa kaki Green.

West Ham kurang kuat karena dihantui bayangan degradasi, dan dengan hanya tiga pertandingan tersisa mereka harus meningkatkan permainan untuk menghindari degradasi.

"Saya kira setiap orang mempunyai kelemahan menghadapi West Ham. Semoga mereka bisa tetap berada di atas," kata pemain belakang Liverpool Jamie Carragher kepada ESPN usai pertandingan, pandangannya diiyakan oleh mantan pemain Hammer Benayoun.

"Saya tidak merayakan kmenangan karena saya masih punya perasaan bagi klub ini dan saya sungguh berharap mereka akan tetap berada di atas," katanya.

Klub London itu berada tiga poin di atas zona degradasi pada posisi ke-17 dan akan menjadi pengamat yang tegang pada Rabu, ketika Hull menjamu Aston Villa dengan harapan mendapat keuntungan dari pertandingan mereka di tangan dan menghasilkan poin yang sama dengan klub London timur itu.(F005/C003)

Pewarta: surya
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2010