Jakarta (ANTARA News) - Mantan Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim), Komjen Pol. Susno Duadji, berhasil mengelabui puluhan wartawan yang berusaha meminta komentarnya usai ia menjalani pemeriksaan hampir delapan jam di Mabes Polri, Rabu (21/4).

Susno yang menggunakan batik motif warna hitam dan putih mengelabui para jurnalis yang sudah menunggu sejak pagi hari dengan cara keluar melalui pintu samping Gedung Bareskrim sekitar pukul 18.00 WIB.

Jenderal polisi bintang tiga itu langsung beranjak menumpang mobil "Terrano" warna perak (silver) dengan pengawalan dari beberapa petugas Divisi Profesi dan Pengamanan (Divpropam) Mabes Polri dan kuasa hukumnya, Ari Yusuf Amir.

Mantan Kepala Polda Jawa Barat itu menjalani pemeriksaan kedua, Rabu (21/4), selama hampir delapan jam sejak pukul 10.00 WIB hingga 18.00 WIB. Sebelumnya, Susno juga menjalani pemeriksaan pertama, Selasa (20/4).

Pemeriksaan Susno itu terkait dengan pernyataannya yang menduga terjadi praktik makelar kasus (markus) dan rekayasa tindak pidana kejahatan korupsi, penggelapan pajak, serta pencucian uang dengan tersangka Gayus Tambunan.

Sebelumnya, penyidik sudah menetapkan delapan tersangka terkait dugaan rekayasa penggelapan pajak sebesar Rp25 miliar yang menyeret Gayus Tambunan, Haposan Hutagalung (pengacara Gayus), Andi Kosasih, Lambertus, Alif Kuncoro, Sjahrir Djohan.

Selain itu, dua tersangka lainnya dari penyidik Mabes Polri, yaitu Kompol Arafat dan Ajun Komisaris Polisi Sri Sumartini.

(T.T014/E001/S026)

Pewarta: handr
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010